Metro

Jalan Kalimalang Bekasi perlebar 7 meter

Jum'at,  25 Januari 2013  −  14:27 WIB
Jalan Kalimalang Bekasi perlebar 7 meter
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi merencanakan pelebaran ruas jalur Kalimalang pada tahun ini. Jalur yang biasa dipakai untuk arus mudik itu, akan dibangun kembali dengan kelebaran jalan tujuh meter persegi.

Rencananya, pembangunan ini ditarget akan selesai Juli mendatang, dengan kucuran anggaran dari APBD 2013 Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, jalur kalimalang hanya satu jalur dan memiliki kelebaran jalan 7 meter.

”Kami akan lebarkan jalan Kalimalang menjadi dua arah. Jalur kalimalang hanya memakai satu jalur dengan dibagi dua lajur,” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Pengelola Sumber Daya Air, Jamaludin kepada wartawan, di Bekasi, Jumat (25/1/2013).

Jamal mengatakan, dengan dibangunnya satu jalur lagi, sudah tentu kendaraan roda empat yang melintas bisa lenggang. Karena posisi setiap lajur mampu menampung dua kendaraan roda empat. Karena, selama ini satu jalur dijadikan dua arah. Dan satu lajur hanya satu kendaraan roda empat.

Kepanjangan jalan yang akan dibangun, terhitung dari mulai perbatasan Kota Bekasi sampai Tambun diperkirakan ada sepanjang 7 kilometer. Diperkirakan, arus mudik tahun 2013, sudah bisa di operasikan untuk pengguna jalan. ”Jalur itu, dijadikan jalur alternatif pengendara hingga ke pesisir utara,” ungkapnya.

Jamal menjelaskan, alokasi anggaran tahun 2013 sudah dikucurkan kurang lebih Rp300 miliar. Dan pembangunan jalan mendapat porsi yang lebih tinggi ketimbang pembangunan drainase. ”Kami prioritaskan pembangunan jalan-jalan yang belum selesai di bangun tahun 2012,” paparnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bekasi, Taih Minarno mengatakan, pelebaran Jalan Kalimalang masuk dalam APBD 2013. Soal tekhnisnya biar eksekutif yang mengatur. ”Yang jelas kami sudah setujui kesiapan pembangunan jalan tersebut,” terangnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat ini menyebutkan, untuk dana pembangunan infrastruktur memang dialokasikan sebesar Rp300 miliar dari APBD 2013. Alokasi infrastruktur tahun 2013 ini paling besar daripada tahun sebelumnya. ”Sebelum lebaran, pembangunan jalan sudah selesai,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, panjang jalan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi tercatat 866,41 kilometer, dengan kondisi jalan rusak sedang sepanjang 263,69 kilometer dan jalan yang tergolong rusak berat 113 kilometer termasuk jalan Kalimalang. Sehingga, tahun ini yang diperbaiki kurang lebih 120 kilometer.


(san)

views: 1.605x
shadow