Banjir, AP II lanjutkan contingency plan

Jum'at, 18 Januari 2013 - 16:02 WIB
Banjir, AP II lanjutkan contingency plan
Banjir, AP II lanjutkan contingency plan
A A A

Sindonews.com - Untuk mendukung kelancaran kegiatan operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta di tengah bencana banjir, yang melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, PT Angkasa Pura II (AP II) melanjutkancontengency plan.

”Meski sejak kemarin sampai saat ini, aktivitas penerbangan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta tetap normal sesuai jadwal, contengency plan akan terus kami jalankan hingga situasi benar-benar kondusif,” jelas Sekretaris Perusahaan PT AP II Trisno Heryadi dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (18/1/2013).

Salah satu fokus utama dari contengency plan, yang diterapkan adalah membantu penumpang yang terjebak banjir di jalan Tol Sedyatmo (Tol Bandara).

Akibat tingginya genangan air pada salah satu ruas akses utama menuju bandara tersebut, kemarin, aksesibilitas calon penumpang dari arah Jakarta menuju bandara maupun sebaliknya sempat terputus. Lajur bawah pada ruas tol tersebut tergenang air cukup tinggi, sehingga sulit dilalui.

Sementara di lajur atas, volume kendaraan juga meningkat. Kondisi tersebut menjadi kendala bagi para calon penumpang untuk mengejar waktu penerbangan sesuai jadwal.

Guna mengisi kebutuhan tersebut, PT AP II melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi seperti TNI, Polri, Basarnas, maskapai maupun instansi terkait lainnya dalam hal penyediaan sarana angkutan, yang mampu menembus banjir guna membawa penumpang menuju bandara.

Sejumlah sarana angkutan yang disiagakan antara lain, kendaraan truk besar milik TNI beberapa bus milik maskapai serta sejumlah perahu karet Basarnas.

”Kemarin, semua truk, bus juga perahu karet kami siagakan di area parkir Kantor Pusat Angkasa Pura II. Akan tetapi hari ini, mengingat genangan air di Tol Bandara terus surut, kendaraan-kendaraan tersebut khususnya truk milik TNI kembali ke markas, untuk memberikan bantuan di wilayah lain. Namun, sewaktu-waktu kami perlukan, kendaraan-kendaraan itu tetap siaga,” imbuh Trisno.

Selain penyediaan sarana, PT Angkasa Pura II juga mendorong seluruh maskapai memberikan toleransi kepada calon penumpang, yang terkena dampak banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya, dapat memfasilitas pemindahan jadwal penerbangan tanpa memungut biaya.

”Seluruh maskapai kami dorong untuk melakukan itu, mengingat peristiwa ini adalah force majeure atau kondisi darurat. Saya yakin, tidak ada satu pun penumpang yang ingin terlambat untuk terbang kecuali terpaksa atau terkendala,” ungkap Trisno.

Namun demikian, mengingat masih adanya potensi banjir di Jakarta dan sekitarnya, seluruh calon penumpang diimbau untuk mempercepat waktu perjalanan dari rumah menuju bandara, hingga beberapa jam sebelum terbang.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7385 seconds (0.1#10.140)