Metro

Untuk obat kuat

Ribuan empedu dan telur cobra akan dibawa ke Hongkong

Selasa,  8 Januari 2013  −  20:50 WIB
Ribuan empedu dan telur cobra akan dibawa ke Hongkong
Barbuk : Petugas menunjukan barang bukti milik korban dan sebilah pisau yang digunakan pelaku, untuk mengancam korban (Marieska Harya Virdhani/Sindonews.com)


Sindonews.com - Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Balai Besar Karantina Wawan Sutian menjelaskan, empedu dan telur tersebut rencananya akan dibawa ke Hongkong untuk dijual.

“Di Hongkong harga satu empedu ular korbra sekitar 9 USD. Nilai estimasi untuk 47.353 empedu sekitar Rp4,5 miliar. Sementara untuk telurnya, kita belum tahu akan dimanfaatkan untuk apa. Namun, yang jelas empedu ini berguna untuk meningkatkan kejantanan pria dewasa,” kata Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Balai Besar Karantina Wawan Sutian, Selasa (8/1/2013).

Menurutnya, tindakan pelaku dianggap melanggar UU no  16/1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan dengan ancaman maksimal 3 tahun penjara dan denda Rp150 juta.

Sebelumnya, Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno-Hatta, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan empedu ular kobra sebanyak 47.353 buah serta 1.680 butir telur. Empedu dan telur tersebut diselundupkan melalui tas bawaan seorang WN China.


(stb)

views: 1.506x
shadow