Metro

Jemaah haji Kloter Jabar boikot sambutan Atut

Kamis,  1 November 2012  −  15:46 WIB
Jemaah haji Kloter Jabar boikot sambutan Atut
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Ratusan jemaah haji Kloter 1 Jawa Barat asal Karawang, menolak mengikuti acara penyambutan yang diprakarsai Provinsi Banten. Penolakan dilakukan, karena saat keberangkatan ratusan jemaah asal Jawa Barat diusir dan tidak diperbolehkan mengikuti acara pelepasan keberangkatan haji.

"Untuk apa ikut acara penyambutan dari Provinsi Banten, waktu keberangkatan saja kami diusir dan tidak boleh ikut acara hampir tiga jam kami panas-panasan di luar. Ini jelas-jelas diskriminatif, jadi kami sekarang tidak akan ikut acara penyambutan," kata Femi, salah seorang jemaah haji asal Karawang, di Tangerang, Kamis (1/11/2012).

Perlakuan diskriminatif, dikatakan Femi, kembali terulang hari ini, dimana jemaah asal Banten saat tiba diberi snack dan acara penyambutan, sedangkan jemaah asal Jawa Barat tidak mendapatkan perlakuan yang sama.

"Ini bukan masalah snack saja, tapi ini masalah pembeda-bedaan. Kami ini sama saja dengan jemaah haji Indonesia lainnya, harusnya diperlakukan sama dong," pungkasnya.

Para jemaah asal Jawa Barat yang menolak mengkuti penyambutan lalu berniat keluar ruangan dan sempat mendapat penghadangan dari petugas. Hingga sempat terjadi adu mulut. "Kami mau keluar," teriak para jemaah.

Setelah hampir sepuluh menit, akhirnya jemaah haji asal Jawa Barat dikeluarkan dari ruangan dan tidak mengikuti prosesi penyambutan seperti jemaah asal Banten.

Sementara itu, Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiah saat dikonfirmasi tidak membenarkan adanya pembedaan. Menurutnya, semua jemaah haji diperlakukan sama.

"Tidak, tidak ada yang dibeda-bedakan, semua sama-sama jemaah haji, dan kehadiran sayapun di sini bukan hanya untuk menyambut jemaah asal Banten saja, tapi juga jemaah dari daerah lain yang kebetulan berbarengan waktu kedatangannya dengan jemaah asal Banten," tegasnya.

Untuk diketahui jumlah jemaah haji asal Jawa Barat yang tiba hari ini di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, berjumlah 447 jamaah.


(san)

views: 1.070x
shadow