Metro

Satpol PP segera jadi pegawai Dishub

Rabu,  31 Oktober 2012  −  13:27 WIB
Satpol PP segera jadi pegawai Dishub
Dok.Okezone

Sindonews.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan disalurkan ke Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Mereka yang sudah masuk dalam Dishub tak lagi mengatur ketertiban umum di DKI Jakarta, tapi mengawasi sterilisasi busway.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahata Purnama mengatakan, di era kepemimpinannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang akan menata Satpol PP.

"Seperti yang dikatakan gubernur kan dan Satpol PP akan dialihkan ke Dishub untuk mengawasi sterilisasi busway, jadi akan dipindahkan secara bertahap," pria disapa Ahok ini kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Rabu (31/10/2012).

Menurut Ahok mengaku, untuk tahun ini setidaknya ada seribu orang petugas Satpol PP untuk menjadi petugas Dishub DKI. "Tahun ini sementara itu, tahun depan bisa ditambah lagi menjadi 2.000," jelasnya.

Pekerjaan Satpol PP yang sudah masuk Dishub tentunya tidak lagi menindak pelanggaran berkaitan ketertiban umum di DKI Jakarta, seperti misalnya menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Tidak (tertibkan PKL lagi) kan tapi mengawasi sterilisasi jalur-jalur busway," tutupnya.

Sebelumnya, dalam waktu dekat ini, seluruh jajaran dan anggota Satpol PP yang berjumlah 6.000 an orang akan dipanggil dan dikumpulkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi memenag terbilang unik dalam menata Satpol PP. Sekedar menyegarkan ingatan, sewaktu menjabat Wali Kota Solo, Jokowi memilih perempuan menjadi Kepala Satpol PP.

Apakah nantinya Jokowi juga akan melakukannya di Jakarta? Sayangnya hal ini semua masih menjadi sebuah perdebatan.


(lns)

views: 1.200x
shadow