Metro

Demo buruh di Bogor ricuh

Senin,  29 Oktober 2012  −  12:03 WIB
Demo buruh di Bogor ricuh
Demo buruh di Bogor ricuh (foto:Haryudi/Koran Sindo)

Sindonews.com - Aksi mogok daerah (modar) puluhan ribu buruh se-Bogor diwarnai kericuhan di depan kantor Bupati Bogor, Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, sekira pukul 11.30 WIB.

Kericuhan bermula saat para buruh tak sabar menunggu respon Bupati Bogor Rachmat Yasin yang tak kunjung menemuinya. Aksi baku hantam dan saling dorong antara buruh dengan kepolisian dan Satpol PP yang berjaga di depan kantor bupati tak terelakkan.

Tak hanya itu, lemparan kayu dan bendera juga sempat terlihat di atas kerumunan puluhan ribu buruh. Beruntung aksi tersebut tidak terus berlanjut setelah perwakilan buruh menenangkan massanya.

"Kami minta tenang dan sabar, jangan terpancing oleh provokasi. Kami yakin aksi kita telah disusupi," tukas perwakilan buruh di atas mobil pengeras suara.

Sementara itu, Edi S, salah satu perwakilan serikat pekerja menegaskan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK). "Hapus outsourcing dan sistem kerja kontrak, kami juga menolak rekomendasi Bupati Bogor terkait UMK 2013 Rp1,6 juta. Tetapkan UMK Bogor sesuai 84 item survey pasar Rp3.255.000," terangya.


(san)

views: 6.690x
shadow