Metro

Buruh demo, Jalan Raya Bogor-Jakarta macet 5 km

Selasa,  23 Oktober 2012  −  14:51 WIB
Buruh demo, Jalan Raya Bogor-Jakarta macet 5 km
Dok.Okezone

Sindonews.com - Ribuan buruh dari berbagai elemen tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Garda Metal Bogor (GMB) menggelar unjuk rasa. Akibat aksinya itu Jalan Raya Bogor-Jakarta macet hingga 5 kilometer.

Aksi itu digelar untuk menuntut pihak Pemkab Bogor agar memberikan sanksi tegas terhadap pengusaha nakal yang tidak melaksanakan standard Upah Minimum Kota/Kabupaten Bogor.

"Kita akan terus mendesak Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja untuk menindak perusahaan-perusahaan nakal. Banyak laporan ke kita banyak perusahaan yang tidak memberikan upah layak," kata Ketua Dewan Pimpinan Kota/Kabupaten Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPIN) Bogor Edi Purwanto di sela-sela unjukrasa, Selasa (23/10/2012).

Aksi itu akan kembali digelar 29 Oktober mendatang dengan mengerahkan massa lebih besar mencapai 100.000 buruh. Para buruh itu akan mogok daerah (modar).

"Massa buruh yang akan ambil bagian berasal dari perusahaan-perusahaan yang ada di lima titik yakni Cileungsi, Cibinong, Citeureup, Cijeruk dan Gunung Putri," katanya.

Tuntutannya sama yakni menghapus sistem outsourching, menaikan UMK 2013 sesuai dengan hasil survei pasar yang dilakukan tripartit yakni Rp3,2 juta.

"Kita akan menduduki kantor Bupati Bogor dan DPRD Kabupaten Bogor pada 29 Oktober mendatang," katanya.


(lns)

views: 2.192x
shadow