Wali Kota Depok terlalu berharap ke Jokowi

Senin, 15 Oktober 2012 - 16:10 WIB
Wali Kota Depok terlalu berharap ke Jokowi
Wali Kota Depok terlalu berharap ke Jokowi
A A A
Sindonews.com - Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail berharap banyak dengan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2012-2017 Joko Widodo (Jokowi)-Basuki T Purnama (Ahok). Dia berharap, Jokowi mau mengucurkan biaya lebih besar untuk pembangunan daerah penyangga ibu kota.

"Biasanya kan hanya Rp4–5 miliar, kalau bisa bahkan sampai Rp100 milyar untuk Depok, biar sinergitasnya bagus," ujar Nur Mahmudi kepada wartawan di Balai Kota Depok, Senin (15/10/2012).

Ditambahkan dia, dana itu akan digunakan untuk pembangunan sarana transportasi warga Depok. Pihaknya juga menunggu campur tangan pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan dalam pemberlakuan program pengumpan bus Trans Jakarta atau Feeder Busway.

Nantinya Depok akan menyediakan mini bus untuk menuju bus Trans Jakarta ke arah Pasar Minggu ataupun Kampung Rambutan. "Selain itu, hal yang lainnya yakni persoalan banjir. Memang menjadi konsekuensi bagi Depok dan Bogor yang berada di bagian hulu, seringkali dituding sebagai pembuat masalah (trouble maker)," terangnya.

Dia menambahkan, persoalan banjir lebih ke internal Jakarta, lebih konsekuensi hulu dan hilir. "Kita tak bisa secara teori lakukan penyetopan arus air hujan dari atas ke bawah, yang diperlukan adalah bagaimana segera memperbaiki sistem drainase, DAS," ungkapnya.

Terkait 26 situ yang dimiliki Depok, lanjutnya, bagaimana upaya memperkokoh agar situ yang bermanfaat sebagai Ruang Terbuka Hijau dan daerah resapan air tak jebol. Apalagi, salah satu situ yakni situ Pedongkelan, Cimanggis berbatasan persis dengan Jakarta Timur.

“Situ Pedongkelan mepet dengan Jakarta. Alangkah baiknya Jakarta bantu biaya dua hal tentang situ, pengerukan dan pendalaman, perkokoh dinding, jadi yang diperlukan memang memastikan untuk meningkatkan kualitas situ terhadap penampungan air, perkuat cadangan air, manfaatkan jadi fungsi sosial masyarakat, jadi wisata,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia berharap, Jokowi–Ahok bersedia berkunjung ke Depok. Tak hanya singgah, namun juga bersedia menaikkan anggaran bantuan.

“Kami berharap minimal mas Jokowi mau berkunjung, seperti dulu pak Fauzi hanya berkunjung, Jokowi jangan hanya berkunjung, tapi diikuti dengan niat, mau berkolaborasi, dengan aturan yang memungkinkan bisa memperbesar dana alokasi dengan daerah di sekitarnya, menaikkan dan singgah, kami welcome berkunjung, tapi niatan perbesar sinergitasnya,” imbuhnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5091 seconds (0.1#10.140)