Kebugaran Orang Indonesia Rendah

Senin, 31 Januari 2022 - 11:00 WIB
loading...
Kebugaran Orang Indonesia Rendah
Kebugaran tubuh harus selalu diperhatikan agar terhindar dari penyakit berbahaya. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Kebiasaan masyarakat Indonesia yang malas berolahraga patut jadi alarm. Tubuh yang tidak bugar membuat masyarakat terancam terserang berbagai macam penyakit nonmenular berbahaya di antaranya jantung , ginjal, diabetes, dan stroke.

Saat ini tingkat kebugaran masyarakat Indonesia tergolong sangat yang rendah. Dari total jumlah penduduk, masyarakat yang masuk kategori tidak bugar mencapai 76%. Dari angka tersebut, mereka yang masuk kategori sangat tidak bugar mencapai 53,63%. Hanya 5,86% masyarakat yang dikategorikan memiliki kondisi yang sangat bugar atau prima.

Angka tingkat kebugaran masyarakat ini diperoleh berdasarkan hasil Laporan Nasional Sport Development Index (SDI) 2021 yang dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Survei dilakukan pada Juli-Oktober 2021 dengan responden masyarakat di 34 provinsi di Indoensia.

Rendahnya kebugaran tersebut dipicu sikap malas berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Mengacu hasil survei tersebut, masyarakat Tanah Air yang dinilai aktif berolahraga hanya 32,83%. Artinya, dari 100 orang hanya 33 orang yang berpartisipasi aktif dalam berolahraga.

Baca juga: Jalan Mendaki Pembudayaan Olahraga

Orang yang dikategorikan partisipatif adalah mereka melakukan olahraga rutin seminggu tiga kali atau lebih dengan durasi minimal 20-30 menit. Angka partisipasi aktif berolaharaga ini menurun dibandingkan hasil survei SDI pada 2006 yakni sebesar 42%.

Rendahnya partisipasi olahraga berkoreasi dengan tingginya penderita penyakit nonmenular. Indonesia saat ini masuk enam besar negara dengan penyakit tidak menular ayai non communicable disease. Bahkan, menurut WHO menyebut 71% kematian di Indonesia adalah akibat dari penyakit nonmenular seperti penyakit jantung, stroke, ginjal, hipertensi, pernapasan akut, dan diabetes.

Apa yang membuat orang Indonesia malas berolahraga? Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya, Ali Maksum, menjelaskan, saat ini olahraga belum menjadi budaya atau kebiasaan masyarakat sehingga tingkat partisipasi relatif rendah. “Sebagian masyarakat seringkali baru berolahraga kalau sudah disarankan oleh dokter, misalnya karena menderita diabetes, hipertensi, obesitas, dan penyakit lainnya,” ujarnya saat dihubungi Jumat (28/1).

Rendahnya budaya berolahraga juga dikarenakan gaya hidup (lifestyle). Menurut Ali, sebagian masyarakat mungkin semakin nyaman dengan kondisi dan tidak mau bersusah payah. “Misalnya, mau mencari tempat parkir, dicari yang sedekat mungkin, kalau belanja jarak 200-300 meter saja harus pakai sepeda motor. Namun, gaya hidup seperti itu disebutnya tidak terjadi di Indonesia saja, melainkan juga di banyak negara maju di dunia.

Ali menyebut partisipasi yang rendah dalam berolahraga berdampak pada penyakit yang diderita masyarakat. Dia mengaku memiliki penelitian yang mencari tahu bagaimana dampak aktivitas fisik, kebugaran, dam dampaknya terhadap keluhan kesehatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)