Pilgub DKI 2012

Panwaslu teliti ceramah Rhoma Irama terkait Pilgub

Kamis,  2 Agustus 2012  −  11:53 WIB
Panwaslu teliti ceramah Rhoma Irama terkait Pilgub
dok.Okezone

Sindonews.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI telah menyelidiki adanya dugaan black campaign berbau isu Suku Agama Ras dan Antar golongan (SARA) terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI. Barang bukti berupa video berisi rekaman ceramah disampaikan Rhoma Irama sedang diteliti isinya.

Ketua Panwaslu DKI Jakarta Ramdansyah mengaku harus berhati-hati dalam menangani kasus itu. Salah satu yang sedang didalami adalah ceramah Rhoma beberapa waktu lalu di sebuah masjid di Jakarta.

Menurutnya, kasus itu sangat sensitif, dan dapat memicu perpecahan. Dari bukti video diakui Ramdansyah, adanya unsur-unsur black campaign dan juga isu SARA yang sengaja ditujukan kepada pasangan calon Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Ini potensinya sangat rawan konflik horizontal kalau sudah membicarakan SARA dan juga berkaitan dengan Pilgub," ujar Ramdan saat ditemui di Kantor Panwaslu, Jakarta, Kamis (2/8/2012).

Ramdansyah juga berharap kasus itu bisa dituntaskan dengan segera. Dia juga meminta agar Rhoma Irama dipanggil untuk dimintai keterangan.

Begitu pula pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie yang menyatakan, isu SARA dapat digunakan dalam kampanye.

“Rhoma Irama dan juga Jimly diharapkan bisa hadir Jumat ini untuk dimintai keterangannya,“ tegasnya.


(lns)

views: 1.517x
shadow