Sosial & Budaya

Ini alasan mereka masuk Paskibraka

Ini alasan mereka masuk Paskibraka
Anggota Paskibraka Nasional 2013 berfoto bersama Menteri pemuda dan Olah Raga. (Marieska/Okezone)

Sindonews.com - Saat ini, negara sudah mendapatkan 66 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang dipilih dari siswa terbaik. Mereka resmi dilantik oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Roy Suryo beberapa waktu lalu.

Ada beragam alasan mereka mengikuti Paskibraka, salah satunya adalah untuk pijakan mencapai cita-citanya.

Salah satu anggota paskibraka nasional, Ali Alfaraesy dari SMAN 1 Takengon Aceh Tengah jurusan IPA ini mengaku sudah mengikuti seleksi sejak 12 Mei 2013 dengan persaingan 23 kabupaten kota.

"Dari Aceh Tengah sudah lama tak ada perwakilan jadi Paskibraka, terakhir tahun 1998. Jadi saya punya banyak motivasi untuk ikut dan akhirnya terpilih, tentu senang dan bangga, pertama kali ke istana negara dan pertama kali saya ke Jakarta," ungkapnya kepada wartawan, di  Gedung Sugondho PPPON Cibubur, Depok, Kamis 28 Juli 2013 sore.

Ali bercita-cita ingin masuk Akademi Kepolisian. Paskibraka, kata Ali, merupakan wujud pembelaan negara yang dilakukan pada usia pemuda dan pemudi ini dengan menyongsong masa depan negara ini.

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI 17 Agustus nanti, Ali menceritakan kesiapan fisik, mental, wawasan, dan gerakan terus ia pupuk.

Anggota lainnya yakni siswa SMAN 8 Batam, Doni Sari Kende, jurusan IPA. Ia pun sudah mempersiapkan mental dan materi Paskibraka dan siap bertugas di istana negara.

"Setelah jadi Purna Paskibraka, saya akan masuk ke Akpol, karena Akpol ini organisasi elit, dan Paskibraka ini salah satu jenjang menuju Akpol," tutup Doni.


(ysw)

views: 4.317x
shadow