Pilkada

Pilbup Ciamis, Iing - Jeje rangkul koalisi besar

Pilbup Ciamis, Iing - Jeje rangkul koalisi besar
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Diusung tiga partai besar, pasangan inkumben Calon Bupati Ciamis Iing Syam Arifien dan Calon Wakil Bupati Ciamis Jeje Wiradinata dinilai sebagai pasangan calon terkuat pada Pilkada September, mendatang.

Tiga partai besar yang resmi mengusung pasangan calon Iing Syam Arifien dan Jeje Wiradinata atau disebut dengan slogan ‘Sajiwa’ yakni Partai Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ketiga partai pengusung tersebut hampir menguasai 50 persen raihan kursi di DPRD Ciamis.

“Ini merupakan koalisi besar, gabungan tiga partai di parlemen berjumlah 24 kursi. Artinya hampir menguasai 50 persen peraihan kursi di DPRD Ciamis,” kata Calon Bupati Ciamis Iing Syam Arifien di sela deklarasi pasangan ‘Sajiwa’ di Taman Raflesia, Alun-alun Ciamis, Minggu (30/6/2013).

Iing mengatakan, dipilih pasangan wakil bupati yaitu Jeje Wiradinata merupakan hasil komunikasi dan kebersamaan yang sudah dibangun hampir tiga tahun lamanya. Ada kecocokan untuk saling melengkapi pasangan Iing-Jeje.
 
“Memang komunikasi selama tiga tahun ini tidak langsung membicarakan soal pasangan calon. Dan akhirnya dengan kebersamaan, kami menyepakati untuk menjadi paket pasangan calon dalam pilkada 2013 ini,” tandas Iing.

Calon Wakil Bupati Ciamis Jeje Wiradinata menambahkan, koalisi tiga partai besar PDI, Golkar dan PPP atau lebih dikenal dengan koalisi pelangi merah, kuning hijau merupakan koalisi luar biasa.

“Selain mempunyai suara terbanyak, koalisi ini merupakan koalisi yang sangat langka. Mudah-mudahan kebersamaan tiga partai besar yang masih eksis sejak masa orde baru ini bisa dicontoh untuk daerah lain bahkan hingga tingkat nasional,” terang Jeje.

Jeje menambahkan, terbentuknya pasangan calon Iing dan Jeje, karena semua pihak menyadari bahwa pasangan Iing-Jeje merupakan sosok ideal yang saling melengkapi untuk memimpin Ciamis ke depan.

“Saya politisi murni dengan latar belakang kehidupan pesisir nelayan dan masyarakat bawah. Sedangkan pak Iing merupakan birokrat tulen dengan latar belakang kelaurga pesantren yang agamis,” tegas Jeje.

Dengan dideklarasikan pasangan calon Iing-Jeje, lanjut Jeje, pihaknya menyadari pasangan calon bupati dan wakil bupati merupakan satu kesatuan yang utuh.

“Saya sebagai posisi wakil harus loyal terhadap bupati untuk menjalankan roda pemerintahan ke depan. Kami sangat berharap, pasangan ini bisa mendapat dorongan penuh dari warga Ciamis sehingga roda pemerintahan Ciamis bisa berjalan lebi maju lagi,” pungkas Jeje.

Ketua Penyelenggara Deklarasi Muhamad Taopik Martin menegaskan, pihaknya optimis koalisi partai pelangi merah, kuning, hijau bisa menjadi pememang pada pilkada mendatang. Martin menegaskan, koalisi ini merupakan koalisi besar dan semua partai sudah mendapatkan persetujuan pengurus pusat untuk mengusung pasangan Iing-Jeje.
 
“Untuk itu, kami jajaran pengurus partai hingga tingkat kader bertekad untuk menyukseskan dan memenagkan pasangan Iing-Jeje pada pilkada mendatang,” tandas Martin.


(rsa)

views: 1.941x
shadow