Pilkada

Rekaputulasi hasil Pilwakot, 7 saksi tak hadir

Rekaputulasi hasil Pilwakot, 7 saksi tak hadir
Foto: Oris Riswan/Okezone

Sindonews.com - Rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilwalkot Bandung 2013 digelar di Bandung Convention Center (BCC), Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam proses rekapitulasi, delapan pasang kandidat tidak hadir. Kehadiran mereka diwakili pada saksi.

Tapi dari delapan kandidat, hanya dua saksi dari pasangan Ridwan Kamil-Oded Danial yang hadir di lokasi. Sedangkan saksi dari kandidat lain tidak ada di lokasi.Tamu undangan yang hadir di lokasi pun sangat sedikit atau sekira 100 orang.

Padahal KPU Kota Bandung sudah menyebar undangan bagi lebih dari 200 orang yang merupakan perwakilan tim kampanye, Panwaslu, PPK, serta tamu lainnya.

Meski begitu, proses rekapitulasi tetap berjalan. Satu per satu perwakilan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) membacakan masing-masing hasil perolehan suara pilwalkot di kecamatannya.

Sementara itu, penjagaan di sekitar area BCC sangat ketat. Polisi ditempatkan mulai dari area luar hingga dalam. Tak sembarangan orang bisa masuk ke dalam BCC.

Hanya yang menunjukkan kartu undangan yang diperbolehkan masuk.

Di area dalam, polisi juga memeriksa barang bawaan para tamu undangan. Itu demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kabag Ops Polrestabes Bandung, Diki Budiman, mengatakan petugas yang diturunkan adalah gabungan Polri dan TNI. "Jumlah total personel pengamanan ada 626 orang," ucap Diki, Jumat (28/6/2013).

Jumlah tenaga pengamanan itu bertambah dari rencana semula yang hanya 540 orang. Tambahan personel itu berasal dari Unit Jibom Satbrimob Polda Jabar. Ada juga personel cadangan sebanyak dua SSK Brimob dan dua SSK Dalmas Polda Jabar.


(lns)

views: 431x
shadow