Metro

Rusunami untuk warga yang tak punya rumah

Rakhmatulloh

Selasa,  26 Maret 2013  −  14:49 WIB
Rusunami untuk warga yang tak punya rumah
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan, Rumah Susun Hak Milik (Rusunami) hanya diperuntukan bagi mereka yang tidak memiliki rumah.

Penghuni rusunami hanya diwajibkan membayar iuran setiap bulan, tanpa dipungut biaya lagi. "Kita bangun rusun untuk mereka yang enggak punya rumah, mereka bayar iuran saja," ujar Ahok, di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Ditambahkan dia, Pemprov DKI tidak akan menyewakan keberadaan rusunami, apalagi sampai menjualnya. Dia mengingatkan bagi siapapun yang menjual rusunami maka diancam pidana enam tahun penjara.

"Pemda DKI tak ada lagi rusunami. Bukan sewa juga, pemda enggak sewa, yang sudah ada enggak boleh jual, kalau dijual dipidana enam tahun," jelas mantan Bupati Belitung itu.

Namun demikian, Pemprov DKI berencana membangun satu rusunami saja di daerah Pasar Rumput. Rusunami itu, nantinya dibangun oleh pemerintah pusat dengan terlebih dahulu meminta pemerintah membuat aturan yang jelas.

"Kita beri Pasar Rumput, nanti yang bangun pemerintah pusat. Kita minta pempus ubah peraturan. Kalau mau jual, harus izin pemprov," imbuhnya.

 

(san)

shadow