Metro

66 Kota se-Indonesia mengalami inflasi

Marieska Harya Virdhani

Minggu,  13 Januari 2013  −  18:04 WIB
66 Kota se-Indonesia mengalami inflasi
Ilustrasi. (Sindophoto)

Sindonews.com - Kepala BPS Kota Depok Tata Jumantara mengungkapkan, dari 66 kota di Indonesia pada Desember 2012 semuanya mengalami inflasi.
 
Menurutnya, Inflasi tertinggi terjadi di Kota Jayapura sebesar 2,57 persen dan terendah terjadi di Kota Manado sebesar 0,02 persen.
 
Sedangkan, di Provinsi Jawa Barat pada Bulan Desember 2012 inflasi tertinggi terjadi di Kota Bekasi sebesar 0,52 persen. Sementara, untuk  terendah terjadi di Kota Bogor sebesar 0,16 persen.
 
"Kalau Depok mau menurunkan inflasi ya harus memperbaiki distribusi biar lancar dan memperbanyak stok," kata Kepala BPS Kota Depok Tata Jumantara, Minggu (13/1/2013).
 
Ia menambahkan, untuk inflasi terendah terjadi di Kota Bogor, sebesar 0,16 persen.
 
“Semoga tahun depan lebih baik lagi,” imbuhnya.
 
Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok mencatat, inflasi provinsi Jawa Barat sebesar 3,86 persen dan inflasi Kota Depok sebesar 4,11 persen di tahun 2012. Hal itu diungkapkan Kepala TU BPS Kota Depok Bambang Pamungkas.
 
Menurutnya, salah satu hal yang mempengaruhi kenaikan harga, beras, daging sapi, mie, bawang putih, tahu mentah, bawang merah dan jeruk. Ia mengakui inflasi selama satu tahun Depok tertinggi se-Jawa Barat. 

 

(stb)

shadow