Kalimantan & Sulawesi

Sepanjang 2012, terjadi 47 kasus kebakaran

Andi Indra

Minggu,  30 Desember 2012  −  23:08 WIB
Sepanjang 2012, terjadi 47 kasus kebakaran
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Sepanjang 2012, kasus kebakaran di wilayah Kabupaten Polman terjadi sebanyak 47 kali dengan jumlah rumah yang terbakar sebanyak 72 unit.
 
Jumlah kasus kebakaran tersebut mengalami penurunan ketimbang kasus yang terjadi pada 2011 yakni sebanyak 59 kali, dengan jumlah rumah yang terbakar lebih banyak atau sebanyak 102 unit.
 
Dari kasus-kasus kebakaran dua tahun terakhir, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Tahun lalu memang ada yang meninggal, namun itu disebabkan karena serangan jantung setelah rumahnya terbakar.

Dari hasil data yang diperoleh di Unit Pemadam Kebakara Distakrim Polman, penyebab kasus kebakaran yang terjadi dalam dua tahun terakhir pun berbeda.
 
Jika pada 2011, kasus kebakaran terjadi disebabkan karena pemadaman listrik. Saat itu, banyak warga yang menyalakan lilin dan pelita yang mengenai mengenai dinding atau lantai rumah.
 
Selanjutnya, pada 2012, kasus kebakaran yang terjadi karena keteledoran pemilik rumah. Dalam hal ini, mayoritas rumah warga yang terbakar adalah rumah yang dalam keadaan kosong. Biasanya, disebabkam karena arus pendek listrik.
 
“Dari gambaran kasus itu, kami dari petugas pemadam kebakaran selalu siap siaga untuk cepat merespons laporan. Walaupun, terkadang kami menerima telepon gelap yang tidak benar kejadiannya,” ujar Najamuddin, kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Distakrim Polman, Minggu (30/12/2012).
 
Nadjamuddin menambahkan, untuk mengantisipasi peristiwa kebakaran, dengan jumlah delapan unit armada pemadam, pihaknya telah menyiapkan lima armada di pos induk dan tiga armada lainnya di pos pembantu di tiga kecamatan yakni Wonomulio, Campalagian dan Tinambung. 


(ysw)

views: 775x
shadow