Metro

Guru Jabar dapat tunjangan profesi

Marieska Harya Virdhani

Rabu,  19 Desember 2012  −  13:51 WIB
Guru Jabar dapat tunjangan profesi
Ilustrasi. (Sindophoto)

Sindonews.com – Provinsi Jawa Barat rencananya, akan memberikan tunjangan profesi kepada guru yang berada di wilayah Jawa Barat.
 
Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, saat menghadiri deklarasi Depok menjadi kota pendidikan inklusi.
 
Menurutnya, kesejahteraan guru di Indonesia harus diperhatikan. Sebab, pendidikan adalah indikator utama agar tak tertinggal dengan negara lain.
 
"Guru manusia paling berjasa, tak ada seorangpun yang cerdas, pandai selain guru. Peran guru berkehidupan berbangsa, peran guru betul-betul hebat," kata Gubernur di Balairung Universitas Indonesia (UI), Rabu (19/12/2012)
 
Sementara itu, Ketua PGRI Giat Suwarno mengatakan terkait dengan HUT PGRI ke - 67, menjadi momentum kuat untuk meningkatkan profesionalisme guru untuk menciptakan pendidikan bermutu.
 
Lahirnya PGRI pada 24-25 November 1945 lalu, kata dia, memacu para guru swasta, guru negeri, pengajar, dosen untuk berkomitmen majukan pendidikan.
 
"Kami tingkatkan profesionalitas. Salah satunya terkait tunjangan profesi lewat suatu proses panjang," ungkapnya.
 
Sejak zaman reformasi, lanjutnya, peran guru cukup banyak dan besar. Hingga akhirnya para guru memperoleh sertifikasi dan tunjangan profesi.
 
"Begitu reformasi ada, perjuangkan payung yang kuat, lahirkan UU. Guru lewati proses sertifikasi, dapat tunjangan profesi. Saya hampir yakin kita para guru dulu tak pernah bermimpi, memikirkan atau berjuang untuk itu, tapi nyatanya setelah itu, kita dapat profesi dan tunjangan profesi, bagai durian runtuh yang kita dapat," paparnya.

 

(stb)

shadow