Liga Inggris

Arsenal klaim dapatkan Santi Cazorla

Koran SINDO

Rabu,  25 Juli 2012  −  09:59 WIB
Arsenal klaim dapatkan Santi Cazorla
Winger Spanyol yang bermain di Malaga Santiago Santi Cazorla, foto dok daylife

Sindonews.com - Pelatih Arsenal Arsene Wenger tampaknya telah memikirkan untuk mengantisipasi apabila bintang mereka Robin van Persie jadi meninggalkan Emirates Stadium. Wenger telah menyiapkan pemain alternatif, guna menggantikan peran pemain asal Belanda tersebut. Setelah sukses meminang Olivier Giroud dan Lukas Podolski, kini, The Gunners mengklaim telah mendapatkan persetujuan dari Malaga untuk meminang winger Spanyol di Piala Eropa 2012, Santiago ’Santi’ Cazorla.

Salah satu media Inggris, The Guardian, menyebut Arsenal akan mendatangkan mantan punggawa Villarreal itu dengan mahar 20 juta euro. Konon, Malaga bersedia melepas Cazorla karena sedang mengalami kesulitan keuangan. Meski buyout clause yang tertera di surat kontrak Cazorla adalah 45 juta euro, manajemen Los Boquerones dikabarkan tidak bisa menolak proposal 20 juta euro dari Arsenal. Sebab, mereka butuh uang tunai untuk melunasi tunggakan 40 persen gaji para pemainnya.

Menariknya, Cazorla adalah satu dari empat pemain Malaga yang meminta bantuan Asosiasi Pesepak Bola Spanyol (AFE) agar mendesak manajemen klub untuk melunasi tunggakan gaji. Tiga pemain lain adalah Ruud van Nistelrooy, Salomon Rondon, dan Joris Mathijsen. Karena itu, wajar jika Cazorla memutuskan meninggalkan La Rosaleda, meski baru merumput selama satu musim.

“Empat pemain Malaga melaporkan tidak mendapat gaji sesuai kontrak yang telah ditandatangani. Para pemain itu mengancam hengkang jika masalah ini tidak diselesaikan,” ujar Presiden AFE Jose Luis Rubiales kepada AS, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, masalah Cazorla muncul karena Villarreal ternyata juga melakukan gugatan kepada Malaga. Klub yang baru terdegradasi ke Segunda Division itu melaporkan Malaga ke UEFA karena belum membayar sisa fee transfer Cazorla senilai 3,5 juta euro. Cazorla sendiri ditransfer ke Malaga pada awal musim lalu dengan banderol 19 juta euro. Artinya,jika dijual ke Arsenal dengan 20 juta euro,Malaga untung 1 juta euro.

Selain Arsenal, Tottenham Hotspur juga disebut-sebut telah terlebih dulu mengajukan proposal kepada Malaga untuk mendapatkan Cazorla. The Guardian menyebut,pekan lalu,manajemen Spurs telah menawarkan 15 juta pounds kepada Malaga. Namun, tawaran tersebut belum ada respons hingga muncul berita kesepakatan antara Malaga dan Arsenal senilai 20 juta euro.

Menariknya, saat sedang gemar mendatangkan pemain pengganti Van Persie, Arsenal kemungkinan besar akan ditinggalkan Nicklas Bendtner. Striker jangkung asal Denmark itu disebut-sebut sedang menjalin komunikasi dengan Galatasaray. Klub Liga Turki yang sedang berada di Austria untuk melakukan pemusatan latihan itu, berniat menggunakan jasa Bendtner musim ini.

 

(akr)

shadow