Anies Baswedan Janjikan Jakarta Tak Ramah Narkoba

Kamis, 19 Januari 2017 - 22:05 WIB
Anies Baswedan Janjikan Jakarta Tak Ramah Narkoba
Anies Baswedan Janjikan Jakarta Tak Ramah Narkoba
A A A
JAKARTA - Cagub DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan menjamin Jakarta akan jadi kota yang tidak ramah untuk narkoba. Para pecandu akan diberikan kesempatan bersosialisasi dengan bekal keterampilan.

Hal itu diungkapkan Anies ketika berkampanye di Jalan Kebon Kosong, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, sore tadi. Dalam kunjungannya tersebut, Anies mensosialisasikan tiga program utamanya untuk membangun Jakarta, yaitu lapangan kerja, harga bahan pokok dan pendidikan berkualitas.

Ketika mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memberikan kesempatan bagi warga untuk menyampaikan aspirasi, salah seorang warga mempertanyakan bagaimanapecandu narkoba yang sulit bersosialisasi usai menjalani binaan dan rehabilitasi. "Ini tugas pemerintah bersama masyarakat. Kalau polisi itu memangkas peredaran dan produksinya. Pemerintah harus memiliki kegiatan bagi para pecandu agar dapat bersosialisasi," ujar Anies menjawab pertanyaan warga tersebut.

Anies menjelaskan, selama ini aktivitas untuk pemulihan seringkali dilakukan di desa melalui kegiatan peternakan dan pertanian. Berbeda dengan rehabilitasi di pedesaan, di Jakarta peningkatan kemampuan (skill) khusus melalui karya yang sesuai di perkotaan akan menjadi solusi pemulihan bagi pecandu narkoba.

Adapun langkahnya, lanjut Anies, pihaknya akan bekerja sama dengan program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE). Di mana nantinya ada kekhusunan dalam pelatihan keterampilan bagi mereka yang telah dibina dan direhabilitasi.

"Mereka akan berkarya atas kegiatan yang relevan di kota, salah satunya melalui wirausaha. Kita akan bekerja sama dengan program OK OCE. Sehingga mereka yang telah direhabilitasi bisa kembali bersosialisasi dengan masyarakat," ujarnya.

Bagi Anies, perang atas narkoba harus tegas dilakukan di Jakarta. Jakarta yang tidak ramah atas narkoba, jangan jadi rentan atas narkoba. Untuk itu, selain memberikan kegiatan yang relevan," ungkapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7046 seconds (0.1#10.140)