Apakah Penderita Asam Urat Bisa Makan Bakso? Perhatikan 5 Hal Ini

Rabu, 09 Agustus 2023 - 17:17 WIB
loading...
Apakah Penderita Asam Urat Bisa Makan Bakso? Perhatikan 5 Hal Ini
Penderita asam urat sebaiknya mengonsumsi bakso dengan jumlah yang terbatas. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Apakah asam urat bisa makan bakso ? Ini kerap menjadi pertanyaan para penderita asam urat.

Asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh seseorang.

Tak jarang penyebab asam urat kambuh karena makanan yang dikonsumsi oleh penderitanya. Banyak penderita asam urat yang was-was mengenai makanan yang akan dikonsumsi, termasuk bakso.

Bakso menjadi santapan yang digemari banyak orang. Kuliner khas Indonesia ini mudah dijumpai di seluruh pelosok negeri.

Lantas, apakah penderita asam urat bisa makan bakso? Berikut ulasannya.

Apakah Penderita Asam Urat Bisa Makan Bakso?

1. Jumlah dan Frekuensi Konsumsi

Pengidap asam urat sebaiknya mengonsumsi bakso dengan jumlah yang terbatas dan tidak terlalu sering. Pasalnya bakso terbuat dari daging yang tinggi kandungan purin, yakni senyawa kimia yang bisa meningkatkan produksi asam urat di dalam tubuh.


2. Porsi yang Dikonsumsi

Mengontrol porsi bakso yang dikonsumsi juga tak kalah penting. Jika memungkinkan, pilihlah bakso yang berukuran lebih kecil dan tidak banyak mengandung lemak.

3. Perhatikan Menu Tambahan

Selain bakso itu sendiri, biasanya ada menu tambahan yang disajikan bersama bakso seperti mie, tahu, atau pangsit. Beberapa menu tambahan juga bisa mengandung purin yang tinggi. Ada baiknya untuk bijaksana memilih menu tambahan.

4. Perhatikan Kondisi Tubuh

Setiap individu memiliki toleransi makanan yang berbeda-beda. Jika seseorang merasa bahwa mengonsumsi bakso menyebabkan gejala asam urat kambuh, maka disarankan untuk mengurangi atau menghindari konsumsi bakso dan memantau reaksi tubuh.


5. Perhatikan Asupan Cairan

Selanjutnya adalah perhatikan asupan cairan tubuh. Penting bagi penderita asam urat untuk tetap menjaga asupan cairan yang cukup. Minum banyak air bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Kesimpulannya dari pertanyaan, apakah penderita asam urat bisa makan bakso? Jawabannya adalah bisa dan boleh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk mengatur jumlah dan frekuensi makan dan pastikan untuk tetap menjaga kesehatan.

Pengidap asam urat sebaiknya tetap konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapat panduan yang tepat mengenai pola makan yang sesuai dengan kondisi tubuh, termasuk dalam hal mengonsumsi bakso.

Kuncinya adalah tetap menjaga keseimbangan dalam pola makan dan hidup sehat guna mengurangi risiko flare-up asam urat dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Itulah ulasan mengenai pertanyaan apakah penderita asam urat bisa makan bakso, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)