Perbandingan Sistem Pembayaran BRICS dan SWIFT: Siapa Paling Menguntungkan

Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:00 WIB
loading...
Perbandingan Sistem Pembayaran BRICS dan SWIFT: Siapa Paling Menguntungkan
Rusia bersama dengan China terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur sistem pembayaran BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan). Lantas apa bedanya dengan SWIFT. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Rusia bersama dengan China terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur sistem pembayaran BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan). Sistem pembayaran BRICS diyakini akan menggantikan jaringan pesan keuangan SWIFT, mengingat banyaknya negara yang ingin bergabung dalam kelompok negara-negara berkembang tersebut.

- Sistem Pembayaran BRICS

Pengembangan infrastruktur pembayaran BRICS nantinya akan melayani kemitraan ekonomi antar anggota, maupun di luarnya. Sistem yang kuat diatur untuk mengubah perdagangan internasional dengan mengintegrasikan mata uang BRICS yang bakal lahir dan merampingkan transaksi lintas batas.



Ketua Lembaga Pengembangan Ekonomi Nasional Rusia, atau yang dikenal sebagai VEB.RF, Igor Shuvalov adalah pendukung utama urgensi proyek tersebut. Berbicara menjelang KTT BRICS mendatang, Shuvalov memohon para pemimpin Federasi Rusia dan China untuk mempercepat kemajuan dalam membangun sistem pembayaran.



Sistem pembayaran baru, yang digambarkan Shuvalov sebagai memanfaatkan teknologi 'mutakhir', diharapkan akan diluncurkan secara resmi setelah pertemuan puncak, yang dijadwalkan pada Agustus 2023 di Cape Town, Afrika Selatan.

Selain melayani negara-negara BRICS, infrastruktur pembayaran baru ini direncanakan juga bakal menggabungkan grup Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), sebuah langkah yang memfasilitasi transfer uang tanpa batas di panggung global.

Shuvalov menekankan, perlunya "infrastruktur pembayaran yang independen dan efisien" yang dapat memungkinkan kelancaran transaksi tidak hanya untuk 'rubel/yuan' tetapi juga untuk mata uang BRICS dan SCO yang lebih luas.

Perkembangan ini berpotensi mendorong perdagangan di dalam dan di luar blok BRICS dan SCO, sehingga memperkuat kekuatan ekonomi mereka di panggung dunia.

Kekuatan pendorong di balik pengembangan sistem pembayaran baru BRICS adalah ambisi bersama Rusia dan China untuk mengkalibrasi ulang lanskap keuangan global, yang saat ini didominasi oleh dolar AS

Sistem pembayaran yang diusulkan, menurut Shuvalov, akan menjadi alat kunci untuk memperdalam perdagangan dan kerja sama ekonomi antara negara-negara BRICS dan dalam aliansi SCO yang lebih luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)