Bekerja di Mana Lulusan Jurusan Kehutanan? Ini Profesi Keren yang Bisa Ditekuni

Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:51 WIB
loading...
Bekerja di Mana Lulusan Jurusan Kehutanan? Ini Profesi Keren yang Bisa Ditekuni
Jika dicermati lulusan Fakultas Kehutanan sebenarnya memiliki banyak profesi yang bisa digeluti di antaranya aktivis LSM hutan maupun pengusaha ekowisata. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lulusan jurusan kehutanan bisa bekerja dimana?Itu pertanyaan yang bisa jadi diajukan oleh calon mahasiswa yang akan mendaftar ke jurusan Kehutanan. Pertanyaan yang wajar mengingat harus diakui jurusan kuliah yang juga pernah dimasuki Presiden Joko Widodo ini belum begitu familiar disbanding jurusan lain seperti halnya jurusan ekonomi maupun jurusan hukum

Padahal jika dipelajari dengan tekun, lulusan jurusan Fakultas Kehutanan juga tak ‘sesuram’ yang dibayangkan dengan banyak beraktivitas di tengah hutan belantara. Di zaman modern ini, seorang lulusan jurusan Kehutanan tentunya akan sangat diperlukan di berbagai lembaga pemerintah, instansi non-profit, industri pariwisata, furnitur dan sebagainya di masa depan.

Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan Kehutanan ini apabila kamu memang ingin memiliki karier cemerlang sekaligus berkontribusi pada pemeliharan dan pelestarian hutan di dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, ini prospek kerja jurusan Kehutanan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kehutanan

1.Pengusaha


Lulus sebagai sarjana kehutanan (S.Hut), kamu dapat menggeluti profesi sebagai seorang pengusaha, baik jadi pengusaha kayu atau pengusaha di bidang ekowisata.

2. Instansi Pemerintah atau BUMN


Lulusan jurusan Kehutanan juga dapat melirik pekerjaan di instansi pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kamu dapat bergabung di BUMN khususnya di Perhutani, Inhutani, atau Perkebunan Nusantara.


3. NGO Atau LSM


Prospek karier lulusan Jurusan Kehutanan berikutnya adalah bekerja di NGO (Non Government Organization) dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang memerlukan para ahli di bidang kehutanan.

4. Lembaga Penelitian


Jika kamu adalah seorang pribadi yang gemar meneliti maka tak ada salahnya melirik profesi ini dan bekerja di LIPI, BPPT, dan perusahaan lain yang bergerak di bidang tersebut.

5. Manajemen Satwa Liar

Menyenangi berinteraksi dengan satwa? Maka kamu bisa melirik profesi sebagai manajer atau pengelola satwa liar. Di pekerjaan ini kamu akan bertanggung jawab untuk memastikan hewan yang terkena dampak pembangunan manusia tetap dalam kondisi aman dan sehat.

6. Pemetaan Hutan


Sebagai S.Hut, kamu juga bisa bekerja di bidang pemetaan hutan yang tugasnya adalah melakukan pemetaan lahan yang akan dibatasi untuk hutan lindung atau hutan produksi, dan lain sebagainya.

7. Ahli Konservasi Hutan


Profesi terakhir bisa dibilang bagian paling seru, sebab kamu bisa melirik profesi sebagai ahli konservasi hutan yang akan menjaga hutan beserta semua makhluk hidup di dalamnya.


Daftar Perguruan Tinggi dengan Jurusan Kehutanan

1. Universitas Brawijaya (UB)

• Situs kampus: ub.ac.id/id
• Alamat kampus: Jalan Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Malang, Jatim 65145

2.Universitas Gadjah Mada (UGM)

• Situs kampus: ugm.ac.id
• Alamat kampus: Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI. Yogyakarta 55281

3. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

• Situs kampus: unhas.ac.id
• Alamat kampus: Jalan Perintis Kemerdekaan No.KM.10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Makassar, Sulsel 90245

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

• Situs kampus: usu.ac.id
• Alamat kampus: Jalan Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Medan, Sumut 20222

5. Universitas Riau (UNRI)

• Situs kampus: unri.ac.id
• Alamat kampus: Kampus Bina Widya KM. 12,5, Simpang Baru, Kec. Tampan, Pekanbaru, Riau 28293

6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

• Situs kampus: umm.ac.id
• Alamat kampus: Jalan Bandung 1 Malang, Jawa Timur

7. Universitas Lampung (UNILA)

• Situs kampus: unila.ac.id
• Alamat kampus: Jalan Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung 35141

8. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)

• Situs kampus: unsrat.ac.id
• Alamat kampus: Bahu, Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)