Ketegangan Meningkat, Belarusia Mulai Latihan Militer Dekat Polandia dan Lithuania

Selasa, 08 Agustus 2023 - 05:41 WIB
loading...
Ketegangan Meningkat, Belarusia Mulai Latihan Militer Dekat Polandia dan Lithuania
Belarusia gelar latihan militer di perbatasannya dekat Polandia dan Lithuania. Foto/Ilustrasi
A A A
TALLINN - Belarusia memulai latihan militer pada Senin di dekat perbatasannya dengan Polandia dan Lithuania . Langkah ini dipandang semakin meningkatkan ketegangan dengan dua negara anggota NATO yang waswas dengan keberadaan tentara bayaran Wagner.

Tentara bayaran asal Rusia pindah ke Belarusia setelah pemberontakan singkat mereka di Negeri Beruang Merah.

Baik Polandia dan Lithuania telah meningkatkan keamanan di perbatasan sejak ribuan pejuang Wagner tiba di Belarusia. Mereka tiba berdasarkan kesepakatan yang mengakhiri pemberontakan bersenjata mereka pada akhir Juni lalu dan memungkinkan mereka dan pemimpin mereka, Yevgeny Prigozhin, untuk menghindari tuntutan pidana.

Para pemimpin kedua negara NATO mengatakan mereka bersiap untuk provokasi dari Moskow dan Minsk di daerah sensitif di mana kedua negara berbatasan dengan Belarusia serta eksklave Rusia di Kaliningrad.



Pada awal Agustus mereka berkomentar setelah dua helikopter Belarusia terbang sebentar di ketinggian rendah ke wilayah udara Polandia. Otoritas Belarusia membantah helikopter mereka memasuki Polandia.

Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan latihan yang dimulai Senin didasarkan pada pengalaman dari "operasi militer khusus" - istilah yang digunakan Rusia untuk perangnya di Ukraina.

Dikatakan latihan itu termasuk penggunaan drone serta interaksi dekat unit tank dan senapan bermotor dengan unit cabang angkatan bersenjata lainnya.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (8/8/2023), latihan perang berlangsung di wilayah Grodno Belarusia, dekat yang disebut Celah Suwalki - sebidang tanah berpenduduk jarang yang membentang sepanjang 96 km di sepanjang perbatasan Polandia-Lithuania.

Celah Suwalki menghubungkan tiga negara Baltik di Lithuania, Latvia, dan Estonia dengan aliansi NATO lainnya dan memisahkan Belarusia dari Kaliningrad, sebuah eksklaf Rusia yang sangat termiliterisasi di Laut Baltik yang tidak memiliki koneksi darat ke Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)