7 Negara yang Memiliki Situs Pencarian Sendiri, Jadi Alternatif selain Google

Kamis, 03 Agustus 2023 - 15:28 WIB
loading...
7 Negara yang Memiliki Situs Pencarian Sendiri, Jadi Alternatif selain Google
Sejumlah negara memiliki situs pencarian sendiri. Beberapa di antaranya cukup populer dan menjadi saingan Google. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah negara yang memiliki situs pencarian sendiri. Beberapa di antaranya sudah mempunyai platform yang populer dan menjadi saingan Google .

Saat mendengar istilah Search Engine atau mesin pencari , sebagian besar orang pasti akan langsung tertuju pada Google. Tak bisa dipungkiri, hegemoni Google pada jagat situs pencarian memang tidak diragukan.

Terlepas dari superioritasnya, negara-negara lain ternyata juga banyak memiliki mesin pencari sendiri. Mereka mungkin tidak bisa mengalahkan Google di pasar dunia, namun lain halnya jika di negaranya sendiri.



Lantas, negara mana sajakah yang memiliki situs pencarian sendiri? Simak ulasannya berikut ini.

Negara yang Memiliki Situs Pencarian Sendiri

1. Rusia

Rusia memiliki Yandex yang menjadi mesin pencari paling populer di negaranya. Tak hanya Rusia, sejumlah negara tetangga juga diketahui cukup banyak menggunakannya.

Yandex dirancang oleh Ilya Valentinovich Sagalovich pada 1997. Layaknya mesin pencari lain seperti Google, platform ini juga bisa digunakan untuk mengakses situs, web, dan informasi lainnya di internet.

Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya pernah menyebut bahwa Yandex termasuk Search Engine yang memiliki kontrol informasi lebih longgar dibanding para kompetitornya. Hal ini kemungkinan menjadi salah satu alasan dibalik popularitasnya.

2. Amerika Serikat

Terlepas dari dominasi Google, Amerika Serikat juga memiliki sejumlah mesin pencari lain. Di antaranya DuckDuckGo, Ask, AOL, dan masih banyak lainnya.

Mengingat statusnya sebagai negara besar dan berpengaruh di dunia, tak mengherankan apabila Amerika Serikat memiliki banyak perusahaan mesin pencari saingan Google. Meski demikian, persebaran penggunanya cukup merata alias masing-masing memiliki pasarnya sendiri.


3. Korea Selatan

Bagi sebagian orang, Naver mungkin terdengar tidak asing. Terlebih bagi orang-orang yang menyukai atau menjadi fans dari seleb Korea Selatan. Biasanya, mereka akan sering melihat pemberitaan terkait idolanya melalui platform ini.

Terkenal sebagai Google-nya Korea Selatan, Naver memegang pangsa pasar yang cukup besar di negaranya. Tersedia dengan tampilan bahasa Korea, mesin pencari ini bisa membantu untuk mengakses konten berita hingga informasi lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)