Megawati Lantik Laksdya Amarulla Octavian Jadi Wakil Kepala BRIN

Kamis, 03 Agustus 2023 - 12:53 WIB
loading...
Megawati Lantik Laksdya Amarulla Octavian Jadi Wakil Kepala BRIN
Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri melantik Laksdya TNI Amarulla Octavian menjadi Wakil Kepala BRIN di Gedung BRIN, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri melantik Laksamana Madya (Laksdya) TNI Amarulla Octavian menjadi Wakil Kepala BRIN di Gedung BRIN, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023).

Pelantikan Amarulla ini berdasarkan Surat Keputusan Presisen (Keppres) Nomor 93/TPA Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional.



Dalam Keppres ini, Amarulla diangkat sebagai Wakil Kepala BRIN. Amarulla juga mendapat hak keuangan, administrasi, dan fasilitas lainnya setingkat dengan jabatan struktural Eselon 1A.

Keppres ini ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah Keppres itu dibacakan di hadapan Amarulla, Megawati lalu mengambil sumpah jabatan kepada Amarulla dalam upacara pelantikan itu.

"Sebelum saya mengambil sumpah, saya akan bertanya kepada Saudara, apakah Saudara bersedia mengucapkan sumpah menurut agama yang Saudara anut?" kata Megawati.

"Bersedia," jawab Amarulla.

Megawati lalu menyampaikan kepada Amarulla bahwa sumpah jabatan ini merupakan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Megawati juga meminta Amarulla bertanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, serta kesejahteraan rakyat.

Presiden Kelima RI itu lalu mendiktekan sumpah jabatan Amarulla sebagai Wakil Kepala BRIN.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indoneisa 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Megawati mendiktekan sumpah jabatan yang diikuti oleh Amarulla.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)