12 Amalan Hari Asyura, 3 di Antaranya Sangat Dianjurkan

Jum'at, 28 Juli 2023 - 04:02 WIB
loading...
12 Amalan Hari Asyura, 3 di Antaranya Sangat Dianjurkan
Banyaknya peristiwa agung di Hari Asyura menunjukkan bahwa hari ini memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah. Foto/ist
A A A
Amalan Hari Asyura 10 Muharam penting diketahui umat muslim agar tidak melewatkannya begitu saja. Saking mulianya hari Asyura ini, Rasulullah ﷺ memerintahkan umatnya berpuasa dan menambahnya sehari sebelum atau setelahnya untuk menyelisihi kaum Yahudi.

Hari Asyura (Yaumul 'Asyuro) berasal dari kata 'Asyaroh yang berarti sepuluh, bertepatan hari ini Jumat (28/7/2023). Pada hari tersebut banyak peristiwa bersejarah dialami para Nabi. Di antaranya Nabi Musa 'alaihissalam diselamatkan Allah dari kejaran Fir'aun. Allah menciptakan Nabi Adam 'alaihissalam dan menerima taubatnya. Nabi Ibrahim diselamatkan dari kobaran api, Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan. Dan masih banyak lagi. (lihat Kitab Mukasyafat Al-Qulub, Imam Al-Ghazali)

Banyaknya peristiwa agung di Hari Asyura menunjukkan bahwa hari ini sangat istimewa. Apalagi Asyura berada dalam bulan Muharam yang dijuluki Syahrullah (bulan Allah). Sebagai wujud syukur atas karunia Allah tersebut, Rasulullah memerintahkan umatnya berpuasa.

Amalan Hari Asyura ini sangat baik dihidupkan kaum muslim. Ada 12 amalan yang populer di Hari Asyura, namun tiga di antaranya sangat dianjurkan. Dalam Kitab Kanzun Najah was Surur fi Ad'iyyati Tasyrahus Shudur (kitab rujukan tentang kemuliaan bulan Hijriyah), Syaikh Abdul Hamid berkata dalam bentuk nadhom (sya'ir) mengenai 12 amalan tersebut:

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ
صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

Artinya: "Ada sepuluh amalan di dalam Hari 'Asyura, ditambah lagi dua amalan lebih sempurna (12 amalan). Berpuasalah, sholatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan memakai celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, dan membaca Surat Al-Ikhlas 1.000 kali."

12 Amalan Hari Asyura:
1. Berpuasa.
2. Sholat (qiyamullail).
3. Menyambung silaturrahim.
4. Ziarah (mengunjung) orang alim atau ulama.
5. Menjenguk orang sakit.
6. Memakai celak mata.
7. Mengusap kepala anak yatim.
8. Bersedekah.
9. Mandi sunnah.
10. Menambah nafkah keluarga.
11. Memotong kuku.
12. Membaca Surat Al-Ikhlas 1.000 kali.

3 Amalan yang Sangat Dianjurkan
Dari 12 amalan di atas, ada tiga amalan yang sangat dianjurkan dan memiliki dasar kuat. Sedangkan lainnya kebanyakan Hadisnya dhaif. Namun, jika dikerjakan untuk fadhoil 'amal, tentu tidak apa-apa.

1. Puasa Asyura
Amalan utama di Hari Asyura adalah berpuasa. Puasa sunnah ini dianjurkan dikerjakan pada hari ke-9 dan 10 Muharam. Sering juga disebut dengan puasa 'Asyuro dan Tasu'a. Rasulullah ﷺ bersabda: "Puasalah kalian pada Hari 'Asyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Puasalah kalian sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya." (HR Ath-Thahawy dan Al-Baihaqi serta Ibnu Khuzaimah 2095)

Nabi ﷺ ditanya tentang puasa hari Asyura. Beliau menjawab: "Puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim). Imam An-Nawawi menjelaskan dalam kitab Al Minhaj syarah Sahih Muslim Ibnu Hajar, bahwa dosa yang dimaksud adalah dosa-dosa kecil. Adapun dosa besar hanya bisa dihapus dengan Taubat Nashuha.

2. Meluaskan Belanja
Amalan lain di samping puasa yaitu meluaskan belanja. Dari Abi Said Al-Khudhri bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Siapa yang meluaskan belanja kepada keluarganya pada Hari Asyura, maka Allah akan meluaskan atasnya belanja selama setahun." Sebagian ulama men-dhaifkan Hadis ini, namun sebagian lainnya mengatakan Shahih, lalu sebagian lainnya mengatakan Hasan.

Yang men-shahihkan adalah Zainuddin Al-Iraqi dan Ibnu Nashiruddin. As-Suyuthi dan Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan bahwa karena begitu banyaknya jalur periwayatan hadits ini, maka derajat hadits ini menjadi Hasan bahkan menjadi shahih. Sehingga Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Al-Ikhtiyarat termasuk yang menganjurkan amalan ini di Hari Asyura.

3. Bersedekah
Siapa yang puasa Hari Asyura, dia seperti puasa setahun. Siapa yang bersedekah pada hari itu, dia seperti bersedekah selama setahun. Pada hari itu juga disunnahkan untuk bersedekah, menurut kalangan Mazhab Maliki. Sedangkan mazhab lainnya berpendapat tidak ada landasan dalil khusus menyebutkan hal itu dan kuat derajat haditsnya.

Sebenarnya amalan ini semua sangat baik, selama tidak dikaitkan dengan momentum tertentu. Sehingga yang menjadi titik masalah adalah dikaitkannya amal-amal itu dengan momen Muharram dengan keyakinan bahwa bila dilakukan di waktu lain, tidak sebesar itu pahalanya.

Namun perlu dipahami bahwa amaliyah seperti ini bagi sebagian kalangan sudah diajarkan dan dipraktikkan, meski sebagian Hadisnya dikritik oleh banyak kalangan. Dan selama masih ada kritik, hal itu merupakan ikhtilaf di kalangan ulama Hadis. Semoga Allah berkenan menerima amaln kita.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)