Basuki Akan Jadi Menteri Pertama yang Tinggal di IKN Meski Hanya Sebentar

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:15 WIB
loading...
Basuki Akan Jadi Menteri Pertama yang Tinggal di IKN Meski Hanya Sebentar
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan menjadi menteri pertama yang tinggal di IKN Nusantara. Hal itu diuangkapkan saat memberikan sambutan dalam acara Sewindu Project Strategis Nasional di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

"InsyaAllah saya akan menjadi menteri pertama yang akan tinggal di IKN walaupun mungkin cuma berapa bulan," kata Basuki.



Dia pun mengungkapkan sejumlah inftasruktur yang telah dibangun untuk mendukung IKN, di antaranya tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur membentang sepanjang 99,35 kilometer (km). Adapun jalan tol tersebut merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan untuk memperlancar perjalanan dari dan menuju IKN.

"Alhamdulillah kita sudah punya modal jalan tol Balikpapan-Samarinda yang akan disambung ke IKN dan targetnya dari Samarinda ke IKN bisa kita capai tidak lebih dari 40 menit. Supaya orang tidak bolak-balik tapi tinggal di IKN," katanya.

Sebagai informasi, pemerintah merencanakan pada Agustus 2024 mendatang dapat melaksanakan upacara kemerdekaan Indonesia di IKN. Progres atau kemajuan pembangunan infrastruktur di kawasan inti IKN mencapai 29%.

Sejumlah bangunan yang sudah selesai antara lain Kantor Presiden, kantor Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menko Maritim dan Investasi, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.



Selanjutnya, pembangunan ruas jalan tol saat ini dalam tahap pengerasan yang progresnya mencapai 5-10%. Sementara pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sudah mencapai 91%. Bendungan Sepaku Semoi nantinya berfungsi sebagai infrastruktur penyediaan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan IKN ditargetkan rampung Juli 2023.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)