Review Film Haunted Mansion: Horor Kocak Bernuansa Harry Potter

Rabu, 26 Juli 2023 - 06:41 WIB
loading...
Review Film Haunted Mansion: Horor Kocak Bernuansa Harry Potter
Haunted Mansion menyajikan tontonan horor komedi menghibur. Penonton akan dibawa merasakan sensasi masuk rumah hantu dengan visual menarik dan cerita sederhana. (Foto: Bloody Disgusting)
A A A
Haunted Mansion adalah usaha terbaru Disney untuk membuat film yang diangkat dari wahana populer di Disneyland. Sebelumnya, studio itu sukses dengan Pirates of the Caribbean. Tapi, usaha setelahnya seperti Tomorrowland dan Jungle Cruise tidak mendapatkan respons baik dari audiens.

Haunted Mansion menjadi usaha kedua Disney untuk mengadaptasi wahana populer itu menjadi film. Studio itu pernah membuat film The Haunted Mansion pada 2003 dengan bintang Eddy Murphy. Sayang, film itu gagal.

Diberi sentuhan yang lebih modern, Haunted Mansion tampil visual yang menarik. Film ini memang menimbulkan sentuhan horor. Tapi, tone ringannya membuat film ini jadi bisa dinikmati banyak orang tanpa memberikan kesan horor yang mengerikan.



Haunted Manson berkisah tentang seorang ibu dan anaknya, Gabbie (Rosario Dawson) dan Travis (Chase W Dillon) yang pindah ke sebuah rumah kuno. Alih-alih mendapatkan ketenangan, mereka terus diberi penampakan hantu. Mereka lantas meminta bantuan orang untuk mengusir para hantu tersebut.
Review Film Haunted Mansion: Horor Kocak Bernuansa Harry Potter

Foto: CBR

Awalnya, mereka meminta bantuan Pendeta Kent (Owen Wilson). Tapi, pendeta itu kemudian meminta bantuan Ben (LaKeith Stanfield), seorang pemandu wisata yang tidak percaya pada hantu. Di sepanjang perjalanan, mereka mendapatkan bantuan dari seorang dukun, Harriet (Tiffany Haddish), dan seorang dosen, Bruce Davis (Danny DeVito).

Nuansa kocak yang dibangun film ini membuatnya jadi menghibur. Alih-alih ketakutan, orang-orang yang menonton film ini justru akan dibuat tertawa dengan tingkah polah para pemeran utamanya. Bahkan, hantu-hantunya pun bisa bertingkah kocak di sini.
Review Film Haunted Mansion: Horor Kocak Bernuansa Harry Potter

Foto: IGN

Haunted Mansion kemudian mengajak penonton untuk merasakan sensasi berada di rumah hantu. Lukisan-lukisan seram dengan suasana rumah kuno penuh sarang laba-laba, rubanah aneh, dan juga barang-barang antic memenuhi visual film ini. Suara jam dinding yang nyaring memberikan sensasi mengejutkan. Tapi, visual perubahan koridor dan juga penampakan hantunyalah yang menarik perhatian.

Orang akan bisa merasakan nuansa Harry Potter di sepanjang koridor rumah berlantai dua tersebut. Lukisan yang terpasang di dinding rumah itu hidup dan bisa bergerak-gerak atau berpindah tempat. Namun, karena ini adalah film horor bukan sihir, maka nuansa itu hanya terbangun sampai sini. Selebihnya, film ini berdiri sendiri.
Review Film Haunted Mansion: Horor Kocak Bernuansa Harry Potter

Foto: MouseInfo.com

Hantu-hantu di film ini sebagian besar ditampakkan sebagai hantu tembus pandang dengan penampilan mengerikan. Film ini juga menampilkan bagaimana para hantu itu muncul sesuka hati lengkap dengan kerasukan yang dialami karakternya. Tapi, efek jump scare yang ditampilkan hanya akan membuat orang tertawa, bukan ketakutan. Menonton film ini adalah benar-benar hiburan.

Sutradaranya, Justin Simien, berhasil membangun suasana yang mirip roller coaster atau perasaan orang ketika masuk wahana rumah hantu. Mereka penasaran. Tapi, ketika berada di dalamnya, meski ketakutan, mereka masih bisa tertawa. Selain itu, emosinya juga merupakan roller coaster ride di sini.
Review Film Haunted Mansion: Horor Kocak Bernuansa Harry Potter

Foto: Disney Movies

Meski premisnya adalah Gabbie dan Travis, tapi, fokus utama cerita di film ini adalah Ben. Dia seorang pria skeptis yang beralih profesi dari ilmuwan, paranormal, dan pada akhirnya menjadi tour guide. LaKeith Stanford memberikan penampilan bagus sebagai sosok pria penyimpan duka dengan tampilan skeptisnya.

Selayaknya film Disney, banyak karakter di film ini yang relate dengan kehidupan nyata. Gabbie, seorang ibu tunggal, ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Travis berjuang untuk bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Dan, Ben dilanda duka mendalam yang membuatnya sulit move on.
Review Film Haunted Mansion: Horor Kocak Bernuansa Harry Potter

Foto: Rotten Tomatoes

Perpaduan cerita yang awalnya sederhana, karakter yang kuat, dan visual yang menarik membuat Haunted Mansion menjadi tontonan yang layak dicoba. Orang tidak perlu berharap apa-apa selain terhibur ketika hendak menonton film ini. Peran antagonisnya mungkin terasa dipaksakan dan aneh. Tapi, film tetap butuh antagonis agar terasa lebih hidup.



Haunted Mansion menyajikan tontonan horor komedi yang menghibur. Penonton akan dibawa merasakan sensasi masuk rumah hantu ala barat dengan visual menarik dan cerita sederhana. Film ini sangat menghibur dan pas ditonton mereka yang mencari hiburan tanpa banyak berpikir.

Haunted Mansion tayang di bioskop di seluruh Indonesia mulai hari ini, Rabu (25/7). Film ini berdurasi 2 jam 3 menit atau 123 menit. Selamat menyaksikan!

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)