10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah

Minggu, 23 Juli 2023 - 18:41 WIB
loading...
10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah
Film animasi paling jelek sepanjang masa bisa dilihat dari ratingnya di Rotten Tomatoes. Meski audiens kadang tidak sepakat, tapi banyak faktor yang mendukung. (Foto: Rotten Tomatoes)
A A A
Film animasi bisa menjadi hiburan alternatif di kala suntuk. Ceritanya yang terkadang absurd, kocak, emosional, dan menyentuh dipadu dengan gambar yang enak dipandang bisa menjadi teman bersantai yang tepat. Tapi, tidak semua film animasi ini mendapatkan respons yang baik dari kritikus dan penonton.

Sejumlah film animasi, meski ditukangi sutradara ternama dengan studio besar di belakangnya, tidak bisa tampil maksimal. Cerita atau gambarnya yang dianggap buruk membuat penonton ogah menonton film animasi ini. Belum lagi ketika ceritanya terlalu klise dan tidak memberikan sesuatu yang baru, penonton pun jadi tambah malas menontonnya.

Film animasi terkadang dianggap sepele karena disasarkan pada anak-anak. Tapi, orang dewasa pun bisa menikmatinya. Banyak film animasi bagus di luar sana. Tapi, ada juga yang dinilai jelek, setidaknya dilihat dari ratingnya di Rotten Tomatoes. Apa saja film animasi terjelek sepanjang masa menurut Rotten Tomatoes? Simak ulasannya berikut!



10. Barnyard — 2006

10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah

Foto: SFGATE

Barnyard adalah film animasi buatan Jerman-Amerika yang dirilis Nickelodeon Movies dan Paramount Pictures. Film ini punya premis yang sederhana. Otis si sapi dan teman-temannya harus belajar menerima tanggung jawab dalam hidup mereka.

Meski disutradarai dan ditulis Steve Oedekerk yang sukses dengan Bruce Almighty, Jimmy Neutron: Boy Genius, dan The Nutty Professor, Barnyard tidak diterima dengan baik oleh kritikus dan audiens. Film ini memang meraup pendapatan dua kali lipat anggarannya yang kecil di box office. Tapi, film ini hanya mendapatkan skor 20% di Rotten Tomatoes.

9. The Wild — 2006

10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah

Foto: IMDb

The Wild adalah film animasi produksi Walt Disney Pictures yang tidak melibatkan Walt Disney Animation. Film ini dirilis hanya setahun setelah DreamWorks Animation merilis Madagascar. Tak pelak, kedua film ini jadi sering diperbandingkan. Sayang, The Wild tak sesukses Madagascar.

Baik Madagascar dan The Wild sama-sama berkisah tentang hewan yang berkeliaran di luar Kebun Binatang Central Park New York. Tapi, Madagascar bernasib agak lebih baik dengan meraih skor 55% di Rotten Tomatoes. Sedangkan, The Wild hanya mendapatkan 20%. Film ini juga gagal mengembalikan modal USD80 juta yang dikeluarkan Disney.

8. Strange Magic — 2015

10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah

Foto: DrogeMiester’s Lair

Strange Magic adalah film terakhir yang melibatkan George Lucas. Terinspirasi A Midsummer Night’s Dream, film ini berkisah tentang goblin, peri, dan demit. Mereka melakukan petualangan dipicu rebutan ramuan yang kuat.

Meski melibatkan George Lucas dan kekuatan marketing Disney, film ini tetap saja gagal. Film ini hanya meraup USD13 juta. Sementara di Rotten Tomatoes, film diberi skor 18%.

7. A Troll in Central Park — 1994

10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah

Foto: Don Bluth Wiki – Fandom

A Troll in Central Park merupakan salah satu film paling gagal produksi Warner Bros. Family Entertainment. Film itu hanya meraup USD71.000 di box office domestik saat dirilis. Sementara, di Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan skor rendah, yaitu 17%.

Film ini dibesut Don Bluth dan Gary Goldman yang dikenal sukses dengan All Dogs Go to Heaven, The Land Before Time, dan Rock-A-Doodle. A Troll in Central Park menjadi karya mereka yang paling jelek. Film ini berkisah tentang seorang Ratu jahat yang menghukum troll pencinta bunga, Stanley, ke New York City, di mana dia berteman dengan dua anak kecil.

6. Free Birds — 2013

10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah

Foto: Variety

Free Birds diproduksi sebuah studio kecil bernama Reel FX, yang juga membuat The Book of Life pada 2014. Free Birds hanya mendapatkan rating 17% di Rotten Tomatoes. Namun, secara komersial, film ini meraup USD110 juta dari anggaran USD55 juta.

Film ini berkisah tentang dua ekor kalkun yang saling berseberangan. Tapi, mereka harus meminggirkan perbedaan itu untuk kembali ke masa lalu untuk mengubah sejarah. Kedua ekor kalkun itu berusaha membuat kalkun tidak lagi menjadi menu Thanksgiving.

5. Legends of Oz: Dorothy’s Return — 2013

10 Film Animasi Paling Jelek yang Pernah Ada dalam Sejarah

Foto: Variety
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)