Aktivis Lingkungan Hidup Tanam 5 Ribu Pohon di Hulu Cisadane

Jum'at, 25 November 2016 - 21:50 WIB
Aktivis Lingkungan Hidup Tanam 5 Ribu Pohon di Hulu Cisadane
Aktivis Lingkungan Hidup Tanam 5 Ribu Pohon di Hulu Cisadane
A A A
BOGOR - Sejumlah aktivis lingkungan hidup bersama Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi membersihkan sampah dan penanaman pohon di hulu Sungai Cisadane, Desa Pansir Buncir, Caringin, Kabupaten Bogor.

Ade bersama Penggerak Cisadane Hulu dan Lingkungan (Pacing), Volunteer Eagle dan satgas lingkungan hidup, serta masyarakat sekitar bahu membahu membersihkan sampah di hulu Cisadane. Rangkaian kegiatan ini dikemas dalam acara Mumule Cisadane hulu, yang jika diartikan sebuah kegiatan memelihara hulu Sungai Cisadane.

"Urgensi dari acara ini adalah menumbuhkan kesadaran akan fungsi, peranan dan manfaat daerah aliran sungai (DAS) khususnya di kawasan daerah aliran sungai Cisadane hulu," kata Ade dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (25/11/2016).

Ade menuturkan, perlunya dorongan yang berkelanjutan dari lembaga baik pemerintah atau swasta, serta masyarakat luas bahwa DAS adalah suatu sistem yang terbentuk dari gabungan sumber daya yang saling berkaitan dan berinteraksi. "DAS sangat berdampak positif baik segi pariwisata serta segi keseimbangan alam," ucapnya.

Ade melanjutnya, dengan pemeliharaan yang baik DAS akan memberikan banyak manfaat serta mampu menjadi fungsi maksimal dalam pengendalian banjir serta ketersediaan air untuk berbagai keperluan seperti pertanian dan pemenuhan ketersedian air.

Koordinator lapangan acara Herlan Wahyudin menambahkan, selain membersihkan sampah, juga dilakukan penanaman 5.000 pohon jenis pelindung di sekitar DAS Cisadane serta melepas 20.000 bibit ikan di hulu Sungai Cisadane.

"Kami berharap upaya seperti ini terus terjaga dan berkesinambungan pelaksanaannya nanti," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3523 seconds (0.1#10.140)