alexa snippet

Setiap Tahun, 650 Pasangan Muda Menikah di Depok

Setiap Tahun, 650 Pasangan Muda Menikah di Depok
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok Chalik Mawardi mengatakan, ada sedikitnya 650 pasangan di Depok yang menikah diusia dini. Angka pernikahan usia muda sekitar lima persen dari 13 ribu pasang. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok Chalik Mawardi mengatakan, ada sedikitnya 650 pasangan di Depok yang menikah diusia dini. Angka pernikahan usia muda sekitar lima persen dari 13 ribu pasang.

"Ada sekitar 650 pasang setiap tahun yang menikah muda," kata Chalik kepada wartawan, Jumat (18/11/2016).

Usia muda dalam pernikahan memang rentan. Kematangan fisik maupun psikis belum maksimal. Resiko yang akan dihasilkan juga akan lebih besar, misalnya dalam segi emosional belum stabil. Hal tersebut erat kaitannya dengan perceraian. "Idealnya memang di atas 21 tahun," ungkapnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Kandungan RS Citra Medika Haryanto Tangke Allo menjelaskan, dari sisi medis remaja perempuan usia 10-14 tahun, beresiko meninggal saat hamil. "Atau melahirkan lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan berusia 20-25 tahun," katanya.

Sedangkan resiko kematian pada anak yang menikah pada usia 15-19 tahun, dua kali lebih tinggi. Selain itu, remaja perempuan yang menikah usia dini beresiko mengalami masalah reproduksi. Seperti kanker leher rahim, trauma fisik pada organ intim dan kehamilan beresiko tinggi preeklampsia, bayi prematur dan kematian ibu. "Keputusan untuk menikah juga harus siap secara fisik, agar siap ketika reproduksi," tutup Haryanto.



(ysw)
views: 4.671
loading gif
Top