PTK Dukung Kegiatan Towing Kapal FSO Pertamina Abherka

Kamis, 20 Juli 2023 - 19:03 WIB
loading...
PTK Dukung Kegiatan Towing Kapal FSO Pertamina Abherka
Kegiatan towing kapal FSO Pertamina Abherka dari Pax Ocean Shipyard, Batam, menuju Poleng Terminal PHE WMO. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) mendukung kegiatan towing kapal FSO Pertamina Abherka dari Pax Ocean Shipyard, Batam, menuju Poleng Terminal, Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO).

Floating Storage and Offloading (FSO) Pertamina Abherka menjadi fasilitas penampungan minyak terapung pertama milik PT Pertamina International Shipping (PIS) yang dioperasikan untuk menjamin kelancaran operasi dalam produksi minyak dan gas PHE WMO.



"Kita perlu bangga karena PTK turut memegang peranan penting dalam menyukseskan perpanjangan kontrak FSO Pertamina Abherka sampai 31 Desember 2031 mendatang untuk mendukung ketahanan energi nasional dan terus men-support kelancaran operasional Pertamina Group," ungkap Direktur Utama PTK I Ketut Laba melalui keterangan pers, Kamis (20/7/2023).

Kegiatan towing adalah kegiatan menarik kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas, atau melalui sungai. Dalam kegiatan yang berlangsung pada Jumat (14/7) tersebut, PTK membantu dua unit kapal yaitu TB Transko Kepodang dan TB Transko Dara 3.204 dengan kapasitas masing-masing 3.200 HP dan Bollard Pull 38 Ton sebagai tail tow FSO Abherka dan assist tug swapping FSO Abherka.



PTK juga memberikan jasa penyediaan satu unit kapal AHTS dengan kapasitas 8.000 HP dan Bollard Pull 100 ton sebagai main tow FSO Abherka. Selain itu, PTK juga menyiapkan towing plan, towing master, marine warranty survey dan agency services terkait rangkaian towing FSO Abherka.

Setiba Kapal FSO Pertamina Abherka milik PIS di Poleng Field, PHE WMO, PTK juga mendukung proses swapping FSO Aberkha dengan MT Gamkonora selaku Temporary Storage Terminal.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)