alexa snippet

Pasangan Cagub DKI 2017 Diminta Tak Terfokus pada Masalah Ini

Pasangan Cagub DKI 2017 Diminta Tak Terfokus pada Masalah Ini
Tiga pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta. Foto/Ilustrasi/KORAN SINDO
A+ A-
JAKARTA - Tiga pasangan Cagub dan Cawagub yang bakal bertarung pada Pilgub DKI Jakarta diminta tidak hanya terfokus kepada permasalahan macet, banjir, dan kriminal dalam menyusun visi-misi. Karena, masih banyak masalah yang dapat dijadikan visi-misi dalam membangun Jakarta.

"Isu di DKI tidak hanya soal kemacetan, banjir dan kriminalitas, kalau dari tiga isu ini Ahok memang dominan. Oleh karena itu, populasi menengah atas itu cukup kuat dengan kinerja di bidang kemacetan, banjir, dan kriminalitas," kata Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adjie Alfaraby di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/11/2016).

Meski begitu, Adjie melihat lapangan kerja, pengangguran, kemudian masalah sembako kepuasan terhadap pasangan petahana Ahok-Djarot tingkat kepuasannya kecil.

"Artinya, bahwa ini peluang bagi kandidat lawan untuk eksploitasi atau memaksimalkan pemilih yang sebetulnya concern dengan isu-isu pengangguran, lapangan kerja dan seterusnya," kata Adjie.

Lebih lanjut Adjie berharap, ada pertarungan ide dan program terkait isu penting ini. "Ahok sekarang kuat di level menengah atas karena kuat di isu kriminalitas, banjir dan macet. Namun lemah di menengah bawah," kata Adjie.

Sementara itu, di masyarakat menengah bawah ada isu personality dan sosiologis. Hal ini yang menjadi kelemahan Ahok.

"Sebetulnya Anies bisa mengimbangi Ahok di level menengah atas, karena dia punya track record, personality juga baik, tapi di level menengah bawah butuh saya upaya yang berbeda untuk bisa masuk level menengah bawah yang baik," kata Adjie.

Kemudian yang terakhir yaitu Agus memiliki kekuatan pada pemilih pemula dan di level menengah bawah. Sementara personality Agus bisa menarik minat pemilih menengah bawah.

"Di menengah atas mungkin masih butuh catatan penting, mereka butuh program-program yang meyakinkan bahwa memang Agus walau belum punya pengalaman seperti Ahok, dan Anies, tapi punya solusi dan gaya leadership yang dapat mengatasi masalah-masalah yang ada di menengah atas," kata Adjie.



(mhd)
dibaca 5.804x
loading gif
Top