10 Kampus Jurusan Pariwisata Bergengsi di Indonesia, Alumninya Dijamin Tak Lama Nganggur

Selasa, 18 Juli 2023 - 19:26 WIB
loading...
10 Kampus Jurusan Pariwisata Bergengsi di Indonesia, Alumninya Dijamin Tak Lama Nganggur
Mahasiswa jurusan Pariwisata sejumlah kampus favorit di Indonesia diprediksi tidak akan sulit mencari kerja kedepan. Foto/laman Udayana University
A A A
JAKARTA - Mulai dari sekolah tinggi hingga universitas, ini 10 kampus yang memiliki program pariwisata terbaik di Indonesia Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang pemasukan negara di Indonesia. Tak heran karena Indonesia memang memiliki banyak potensi wisata yang tersebar di seluruh penjuru daerah.

Agar sektor ini kian berkembang, tentu diperlukan institusi pendidikan yang mampu menciptakan tenaga profesional di bidang pariwisata.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 kampus jurusan Pariwisata terbaik di Indonesia.

Daftar Kampus Jurusan Pariwisata Bergengsi di Indonesia

1.Universitas Udayana

Meski merupakan universitas negeri yang menyediakan program studi dengan berbagai bidang ilmu, universitas ini memberi perhatian khusus pada bidang pariwisata dengan keberadaan Fakultas Pariwisata. Tak tanggung-tanggung, Universitas Udayana memiliki empat jurusan pariwisata dengan berbagai jenjang pendidikan.

Adapun program-program yang tersedia yaitu:

1. Program Studi Pariwisata (D4)
2. Program Studi Destinasi Pariwisata (S1)
3. Program Studi Kajian Pariwisata (S2)
4. Program Studi Pariwisata (S3)

Keempat program studi di atas pun telah menyandang status akreditasi A dari BAN-PT.

2.Politeknik Negeri Bali

Selain Universitas Udayana, masih ada beberapa institusi pendidikan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata di Bali. Salah satunya adalah Politeknik Negeri Bali dengan Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata. Program studi ini merupakan program studi vokasi atau Diploma 4.


3.Univeristas Airlangga

Salah satu Kampus Jurusan Pariwisata dan berstatus universitas negeri yang berlokasi di kota Surabaya ini juga memiliki jurusan yang mempelajari kepariwisataan.Bernaung dalam lingkup Fakultas Vokasi, jurusan pariwisata di Universitas Airlangga secara lengkap disebut dengan Program Studi D3 Kepariwisataan.Program studi ini menyelenggaraakan rogram vokasi demi pengembangan keterampilan teknis dan kemampuan wirausaha mahasiswa di bidang pariwisata.

4.Politeknik Pariwisata NHI Bandung

Politeknik Pariwisata NHI Bandung memiliki akreditasi B resmi dari BAN PT. Salah satu Kampus Jurusan Pariwisata yang cukup direkomendasikan. Dulunya sekolah ini bernama Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau sering disebut NHI Bandung.

Politeknik Pariwisata NHI Bandung berhasil melakukan kerja sama terhadap beberapa kampus, baik dari dalam negeri maupun luar negeri demi meningkatkan kualitas pendidikan.Jika kamu berminat untuk bekerja sebagai tenaga profesional pada bidang pariwisata, maka Politeknik Pariwisata NHI Bandung bisa menjadi pilihan tepat.

Ada jurusan pariwisata yang didalamnya terdapat program studi Manajemen Destinasi Pariwisata.Jenjang studi prodi ini adalah D4 setara dengan S1. Bedanya, muatan mata kuliah praktik pada D4 jauh lebih banyak daripada S1

5.Institut Pariwisata Trisakti

Institut Pariwisata Trisakti (IPT)merupakan institusi pendidikan tinggi yang berlokasi di Jakarta. Memiliki Program Studi Sarjana Hospitaliti dan Pariwisata yang didirikan sejak tahun 2018, STP Trisakti sudah menyandang status akreditasi A dari BAN-PT.

Mata kuliah di program studi ini terdiri dari 103 SKS untuk mata kuliah teori dan 44 SKS untuk mata kuliah praktik.Dengan demikian, total beban studi yang harus ditempuh adalah sebanyak 147 SKS.

6.Universitas Brawijaya

Jurusan pariwisata di Universitas Brawijaya berada dalam naungan Fakultas Ilmu Administrasi. Berdiri sejak 2011, lulusan Program Studi S1 Pariwisata ini diharapkan akan turut berkontribusi dalam peningkatan kehidupan sosial sekaligus bersaing di industri pariwisata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4592 seconds (0.1#10.140)