22 Ikan Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Jum'at, 14 Juli 2023 - 07:03 WIB
loading...
22 Ikan Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat
Ada sejumlah ikan rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3, protein tanpa lemak, dan nutrisi lainnya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah ikan rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat . Ikan ini mengandung asam lemak omega-3, protein tanpa lemak, dan nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh.

Ikan rendah purin mengandung kurang dari 100 miligram total purin per porsi 100 gram. Ikan jenis ini dapat dimakan penderita asam urat dengan berbagai macam olahan, dari digoreng, dipanggang, direbus, dikukus, atau bahkan dibakar.

Semua ikan harus dimakan dalam jumlah sedang jika Anda menderita asam urat, juga dikenal sebagai goutyarthritis. Anda juga harus membatasi ikan jika Anda berisiko asam urat karena tohyperuricemia, kondisi asam urat yang terlalu tinggi dalam darah.

Ikan Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat



Berikut ikan rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat dilansir dari Very Well Health, Jumat (14/7/2023).



1. Belut Jepang
2. Monkfish (hanya dagingnya)
3. Sandfish sailfin
4. Kaviar
5. Udang botani
6. Kerang Jepang
7. Cumi-cumi
8. Kepiting raja merah
9. Ikan lele
10. Ikan kakap merah
11. Ikan nila
12. Ikan sole

Selain ikan di atas, penderita asam urat juga boleh mengonsumsi ikan atau makanan laut dengan kadar purin dari 100 hingga 200 miligram per porsi 100 gram. Namun, ikan tersebut harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Berikut ulasannya.

1. Ikan halibut
2. Ikan bass Jepang
3. Ikan flounder bergaris kuning
4. Ikan mas
5. Ikan tuna
6. Ikan trout
7. Ikan salmon
8. Lobster
9. Kepiting
10. Tiram

Hindari konsumsi ikan mentah seperti dalam sushi lantaran dikaitkan dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat dari ikan tersebut, pastikan mengolahnya dengan cara yang tepat.



Metode memasak mempengaruhi kandungan purin ikan sehingga Anda dapat menyesuaikannya. Seperti direbus, atau kukus dalam air dapat mengurangi kandungan purin keseluruhan hidangan ikan.

Namun, memasak tidak selalu mengarah pada hasil terbaik. Para peneliti telah menemukan hubungan positif yang signifikan antara risiko hiperurisemia atau tingkat asam urat tinggi dan makan mentah atau ikan panggang.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)