Anies: Jakarta Butuh Pemimpin Teladan Perbuatan dan Kata

Rabu, 26 Oktober 2016 - 16:36 WIB
Anies: Jakarta Butuh Pemimpin Teladan Perbuatan dan Kata
Anies: Jakarta Butuh Pemimpin Teladan Perbuatan dan Kata
A A A
JAKARTA - Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Mandiri di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, Anies menyampaikan Jakarta membutuhkan Gubernur yang teladan dalam serial perbuatan dan kata-katanya sehingga bisa dicontoh generasi anak bangsa.

Di acara pentas seni anak SDIT Insan Mandiri tersebut, Anies memberikan pengalaman tentang sulitnya belajar membaca dan menulis sewaktu kecil. Maka itu, lanjut Anies, pendidikan sangat penting bagi karakter anak bangsa ini.

Anies juga meminta kepada guru di Yayasan Rahmatan Lil Alamin untuk membebaskan anak didiknya berekspresi dan menuangkan kreativitas dalam belajar.

"Dunia masyarakat itu dunia pendidikan. Bung Hatta mengatakan, mendidik itu memimpin, dan memimpin sama dengan mendidik," ujarnya pada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2016).

Menurut Anies, pendidikan juga sejatinya tak hanya dilakukan di ruang kelas sekolah saja. Tapi, secara meluas di lingkungan masyarakat pula bisa. Tinggal bagaimana cara menyampaikan pendidikan itu secara tepat pada anak-anaknya saja.

Adapun pendidikan itu juga sejatinya harus diawali dengan sosok pendidik tersebut yang harus bersih karakternya. Sehingga, tambah Anies, karakter bersih bisa dicontoh anak-anak yang dididiknya nanti.

Sama halnya dengan Gubernur DKI, sosok Gubernur pun merupakan pendidik bagi masyarakatnya sehingga seorang Gubernur harus memiliki karakter yang bersih dan berintegritas.

"Karena itu, mengapa pemimpin harus memberikan teladan. Karena dari kata-kata, perbuatan pemimpin, disitu ada pendidikan, ada contoh yang bisa diambil anak-anak. Jakarta membutuhkan orang yang bersih dan berintegritas supaya bisa membuat kota ini jadi kota bersih," tuturnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5729 seconds (0.1#10.140)