Ganjar Pranowo Sebut Koperasi Jadi Landasan Demokrasi Ekonomi Indonesia

Rabu, 12 Juli 2023 - 16:23 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Sebut Koperasi Jadi Landasan Demokrasi Ekonomi Indonesia
Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal calon presiden (Capres) PDIP, Ganjar Pranowo menyebutkan koperasi sebagai landasan demokrasi ekonomi Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal calon presiden (Capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo menyebutkan koperasi sebagai landasan demokrasi ekonomi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat menghadiri acara HUT Koperasi ke-76 di Tenis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2023).

"Dengan membaca cepat sebenarnya kita diingatkan bagaimana berkembang bersama koperasi bisa diwujudkan. Karena dalam praktik di lapangan, berhadapan dengan korporasi seperti Pak Menteri (Teten Masduki) sampaikan," ujar Ganjar.



Ganjar pun menyampaikan harapannya agar koperasi dapat lebih berkembang dan sehat ke depannya. "Ini waktu yang bagus bagi kita untuk merefleksikan diri, bagaimana ekonomi bisa merata, dan kekuatan anggota bisa ditunjukkan," kata dia.

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan ada filosofi dari koperasi yang berkaitan erat dengan bangsa Indonesia. Menurutnya, ada nilai persatuan Indonesia yang ada di sana dalam wujud demokrasi ekonomi melalui koperasi.

"Rasa-rasanya menjadi kewajiban kita wabil khusus bagi kami yang ada di pemerintah untuk satu melakukan pembinaan, dua melakukan pendampingan, yang terakhir memajukan koperasi Indonesia secara konkret seperti tadi Dekopin sampaikan," tutur Ganjar.

Ganjar juga melihat bangsa Indonesia memiliki banyak UMKM dan industri ekonomi kreatif yang banyak sekali dan dapat berkembang di berbagai sektor.

"Saya membayangkan kalau mereka bergabung dalam koperasi seniman muda Indonesia. Bayangkan ratusan ribu mungkin bakat-bakat khusus yang bisa difasilitasi sehingga ekonomi kreatif berkembang."



"Termasuk startup yang muncul, ini kita harapkan nanti koperasi kita semakin baik sehingga koperasi dapat menjadi tiang dari demokrasi ekonomi di Indonesia. Dirgahayu Koperasi Indonesia, tambah maju," tutup Ganjar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)