Ini Kata Ahli Kimia UI Soal Ledakan Gas di PHD Bekasi

Minggu, 23 Oktober 2016 - 21:17 WIB
Ini Kata Ahli Kimia UI Soal Ledakan Gas di PHD Bekasi
Ini Kata Ahli Kimia UI Soal Ledakan Gas di PHD Bekasi
A A A
BEKASI - Ledakan tabung gas 50 kg di restoran Pizza Hut Delivery (PHD) Jalan Raya Hankam, Pondok Melati, Kota Bekasi, seharusnya bisa terdeteksi sejak dini bila memang ada kebocaran gas.

Ahli kimia dari Universitas Indonesia (UI) Budiawan mengatakan, gas yang biasa dipakai untuk memasak itu mengandung bahan kimia propana yang relatif mudah terbakar. Gas propana tersebut biasanya diberi tambahan senyawa kimia metilsulfida.

"Ini sebagai indikator bau silfur jika terjadi kebocoran gas tersebut," kata Budiawan kepada wartawan, Minggu (23/10/2016). Karena sifatnya yang sensitif, lanjut Budiawan, maka perlakuan terhadap gas ini pun harus hati-hati.

Seharusnya, jika terjadi kebocoran sudah bisa tercium dari bau sulfur yang dikeluarkan dari tabung. Hanya saja apakah hal itu disadari atau tidak oleh penggunanya.

"Sifat gas ini sensitif terhadap api dan mudah meledak. Daya ledakan tergantung pada volume dan kondisi ruang. Jika tertutup maka kekuatan ledakan semakin besar," ujarnya.

Di bagian tabung juga tentunya dilengkapi dengan indikator tekanan. Jadi jika terjadi kebocoran pun seharusnya bisa diketahui. "Reaksi (kebocoran) bisa terlihat karena ada barometer tekanan yang seharusnya mereka punya. Jadi kalau terjadi kebocoran bisa terlihat dari indikatornya," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7798 seconds (0.1#10.140)