Kemlu Ungkap Organisasi Penyelenggara Pertemuan Komunitas LGBT di Jakarta Bermarkas di Filipina

Selasa, 11 Juli 2023 - 10:07 WIB
loading...
Kemlu Ungkap Organisasi Penyelenggara Pertemuan Komunitas LGBT di Jakarta Bermarkas di Filipina
Kemlu menegaskan rencana pertemuan komunitas LGBT di Jakarta tidak ada kaitannya dengan agenda KTT ASEAN. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri ( Kemlu ) menegaskan rencana pertemuan komunitas LGBT di Jakarta tidak ada kaitannya dengan agenda KTT ASEAN. ASEAN SOGIE Caucus selalu penyelenggara bukan bagian dari organisasi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ( ASEAN ).

"Tidak ada kaitannya sama sekali dengan rangkaian pertemuan ASEAN di Jakarta," ujar Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah, saat dikonfirmasi, Selasa (11/7/2023).

Diketahui, Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN Ke-42. KTT dilaksanakan dua kali, yakni di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Mei 2023 lalu, serta DKI Jakarta pada September 2023.



Sebelumnya viral di media sosial bahwa Southeast Asia Sexual Orientation and Gender Identity and Expression Caucus (ASEAN SOGIE Caucus) akan menggelar ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) atau pertemuan komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) se-ASEAN di Jakarta pada 17-21 Juli 2023.

Organisasi itu dibentuk tahun 2021 dan berada di bawah Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bersama Forum Asia dan Arus Pelangi.



Teuku Faizasyah menegaskan, ASEAN SOGIE Caucus tidak terkait dengan organisasi ASEAN. Sebab organisasi ini memiliki badan hukum di Filipina.

"Saya diinfokan organisasi ini adalah badan hukum di Filipina dan tidak terkait dengan organisasi ASEAN," tuturnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)