alexa snippet

Nyaris Ambruk, Kondisi Pasar di Jakarta Memprihatinkan

Nyaris Ambruk, Kondisi Pasar di Jakarta Memprihatinkan
Sejumlah pasar tradisional di Jakarta kondisinya sangat memprihatinkan dan membahayakan. Keseriusan Pemprov DKI untuk memperbaiki pasar tradisional ini dipertanyakan. Koran SINDO/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Keinginan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk merapikan sejumlah pasar tradisional di Jakarta hanya sesumbar. Wacana yang semestinya ada sejak awal 2016 lalu tak kunjung terlaksana hingga kini.

Padahal, sejumlah pasar kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Selain banyak yang lembab dan bocor, beberapa atap bangunan juga terlihat sudah mulai rapuh dan sewaktu-waktu bisa ambruk.

Pantauan Koran SINDO, di kawasan Pasar Slipi Jaya kondisinya benar-benar memprihatinkan. Ironisnya kondisi tersebut sudah berlangsung selama enam tahun.

Basement yang dahulu menjadi tempat parkir sekarang tak digenangi air sebatas betis. Kondisi di basement juga cukup gelap, pengap, dan bau.

Aliran listrik terputus lantaran rembasan air. "Berbahaya kalau dinyalakan, takut kesetrum," ucap Mahmud (36) tukang parkir di pasar itu, Selasa (18/10/2016).

Di lantai 1, kondisi jauh lebih baik, kios kios pasar terkondisi cukup terawat. Bangunan lembab tak lagi ditemukan, begitupun dengan lorong pasar, hanya cat memudar dan keramik retak yang terlihat dalam kondisi mengkhawatirkan.

Meski demikian, di lantai 2 pasar, kondisi cukup parah, anak tangga beralas besi di penuhi dengan lubang. Beberapa diantaranya bahkan berkarat dan dipenuhi kotoran binatang.

Lorong lorong pasar tak lagi nyaman untuk melakukan aktifitas. Selain dipenuhi oleh alas dan tembok yang gelap lembab dan berbau, sesekali tetesan air dari lantai tiga menetes membanjiri lantai ini.

Nyaris Ambruk, Kondisi Pasar di Jakarta Memprihatinkan

"Kalau hujan besar bisa bocor dimana mana, kalau sudah gitu, kita lebih baik enggak jualan. Soalnya jualan juga enggak ada yang beli," keluh Sumiati (68) salah satu pedagang rempah.

dibaca 3.149x
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top