Operasi Patuh Jaya 2023 Mulai Hari Ini, 2.938 Personel Dikerahkan

Senin, 10 Juli 2023 - 06:42 WIB
loading...
Operasi Patuh Jaya 2023 Mulai Hari Ini, 2.938 Personel Dikerahkan
Operasi Patuh Jaya 2023 digelar Polda Metro Jaya mulai hari ini hingga 23 Juli 2023. Sebanyak 2.938 personel dikerahkan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Operasi Patuh Jaya 2023 digelar Polda Metro Jaya mulai hari ini hingga 23 Juli 2023. Sebanyak 2.938 personel dikerahkan dalam Operasi Patuh Jaya kali ini. Dalam operasi tersebut, sebanyak 14 pelanggaran akan ditindak.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan total ada 2.938 personel gabungan yang terjun langsung dalam operasi tersebut. Operasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Secara keseluruhan gabungan semuanya 2.938 personel. Meningkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas untuk keamanan keselamatan ketertiban lalu lintas," kata Latif saat dihubungi, Minggu (9/7/2023).



Dia menuturkan, total ada 14 jenis pelanggaran yang menjadi target operasi. Yakni pengemudi melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI (standar nasional Indonesia), pemobil yang tidak menggunakan sabuk saat berkendara, melebihi batas kecepatan, hingga berkendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM.

Selain itu, sepeda motor yang berboncengan melebihi ketentuan, kendaraan tidak layak jalan, kendaraan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar, hingga kendaraan yang tidak dilengkapi STNK juga menjadi sasaran.

Kepolisian juga akan menindak pengendara yang melanggar marka atau bahu jalan, kendaraan yang memasang rotator atau sirine, hingga kendaraan yang menggunakan pelat RFS atau RFP yang tidak sesuai peruntukannya.

Latif meminta masyarakat untuk senantiasa mentaati segala aturan yang ada dalam berlalu lintas. Bukan tanpa sebab, hal tersebut penting dilakukan demi keselamatan semua pihak.

"Dalam berkendaraan kita harus bertanggung jawab terhadap keselamatan diri kita dan orang lain yang ada di sekitar kita," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)