Presiden Jokowi Jenguk Cak Nun, Hanya 15 Menit Berada di RSUP Dr Sardjito

Minggu, 09 Juli 2023 - 15:50 WIB
loading...
Presiden Jokowi Jenguk Cak Nun, Hanya 15 Menit Berada di RSUP Dr Sardjito
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun, di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta, Minggu (9/7/2023). Foto/Ist.
A A A
YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun, yang tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta, Minggu (9/7/2023). Presiden Jokowi tiba di RSUP Dr Sardjito sekitar pukul 10.00 WIB, didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.



Setibanya di RSUP Dr Sardjito, Presiden Jokowi langsung menuju ruang tempat Pimpinan Kyai Kanjeng tersebut dirawat, yaitu di gedung bedah sentral terpadu. Namun Presiden Jokowi belum diperkenankan masuk ke dalam ruang perawatan, dengan alasan kondisi kesehatan Cak Nun.



Selama berada di RSUP Dr Sardjito, Presiden Jokowi ditemui oleh perwakilan keluarga Cak Nun. Yakni istri Cak Nun, Novia Kolopaking dan anaknya. Pertemuan tersebut berlangsung cukup singkat, yakni hanya sekitar 15 menit.



Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan membenarkan bahwa memang Presiden Jokowi datang untuk membesuk Cak Nun. Namun kunjungannya hanya singkat dan tidak bisa bertatap muka dengan Cak Nun. "Beliau hanya ditemui keluarga Cak Nun yaitu istri dan anaknya," katanya, Minggu (9/7/2023).

Mensesneg Pratikno membenarkan kunjungan Presiden Jokowi ke RSUP Dr Sardjito. Menurut Pratikno, Presiden Jokowi datang untuk menjenguk Emha Ainun Najib. "Kunjungan beliau sekitar 15 menit, dan bertemu Mbak Via bersama putranya Mas Sapto," ujarnya.



Cak Nun harus dilarikan ke rumah sakit, dan menjalani perawatan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Setelah ia tak sadarkan diri sesaat setelah bangun tidur pada Kamis (6/7/2023).

Kolega menduga Cak Nun mengalami kelelahan. Mengingat aktivitasnya yang padat dan faktor usia yang memang sudah tak lagi muda. Beberapa hari sebelumnya dia melakukan pementasan hingga tengah malam.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3387 seconds (0.1#10.140)