Gunungan Sampah di Bantargebang, Anies: Rasanya Miris

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 18:08 WIB
Gunungan Sampah di Bantargebang, Anies: Rasanya Miris
Gunungan Sampah di Bantargebang, Anies: Rasanya Miris
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Anies menyoroti soal sampah yang menumpuk di Bantargebang.

Anies mengatakan, kawasan seluas 108 hektare yang setiap hari menerima kiriman sampah dari Jakarta sebanyak 7.000 ton atau 28 ribu kubik meter bisa membuat tumpukan sampah seperti gunung. Dia mengatakan, kondisi Bantargebang tidak boleh seperti ini terus.

"Ini masalah kita, bukan hanya masalah Bantargebang. Rasanya miris, harus lebih banyak lagi warga Jakarta melihat gunung sampah di Bantargebang," kata Anies di lokasi, Sabtu (15/10/2016).

Jika dirinya diberi amanat oleh masyarakat untuk memimpin Jakarta, Anies mengaku sudah mempunyai strategi untuk hal tersebut.

"Sampah bukan sesuatu yang diletakkan lalu ditimbun. Kita ingin ada pendekatan baru dalam pengelolaan sampah di rumah tangga, lingkungan, dan tingkat wilayah," katanya.

Anies mengakui, bahwa hal ini memang membutuhkan waktu. Kata dia, semuanya bisa diminimalisir.

"Secara bertahap kita kurangi aliran sampah dari Jakarta ke Bantargebang melalui kebijakan tiga pintu di tiap rumah tangga, yaitu sebelum mengonsumsi, meminimalisasi sampah saat mengonsumsi, dan memilah sampah sesuai jenisnya," katanya.

Selain itu, dia menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) harus meletakkan tempat sampah di wilayah perkampungan. Kemudian, sambungnya, tempat sampah itu juga harus dibedakan.

"Pemerintah Jakarta harus menyediakan tempat sampah di tiap rumah sehingga bisa memilah mana yang organik. Pengelolaan sampah harus menjadi gerakan, Jakarta harus bisa mengelola sampahnya sendiri. Perhitungannya sudah ada untuk mengurangi sampah yang dibuang ke Bantargebang," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5610 seconds (0.1#10.140)