Turun 86 Poin, Rupiah Hari Ini Kembali Ditutup Melemah ke Rp15.142

Jum'at, 07 Juli 2023 - 15:49 WIB
loading...
Turun 86 Poin, Rupiah Hari Ini Kembali Ditutup Melemah ke Rp15.142
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali ditutup melemah pada perdagangan Jumat (7/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ( USD ) kembali ditutup melemah pada perdagangan Jumat (7/7/2023), turun 86 poin di level Rp15.142 dari penutupan sebelumnya di Rp15.056. Berdasarkan data Bloomberg, rupiah hari ini sempat dibuka pada level Rp15.123 dengan rentang pergerakan harian Rp15.177 - Rp15.152.

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, dolar bertahan dalam kisaran ketat pada hari Jumat karena investor menunggu laporan pekerjaan utama AS dan menimbang prospek suku bunga Federal Reserve yang lebih tinggi untuk prospek pertumbuhan ekonomi.

"Laporan nonfarm payrolls yang diawasi ketat akan dirilis pada hari Jumat, di mana ekspektasi ekonomi AS akan menambah 225.000 pekerjaan pada bulan Juni," ungkap Ibrahim dalam risetnya, Jumat (7/7/2023).



Rilis tersebut mengikuti data pada hari Kamis yang menunjukkan gaji swasta melonjak bulan lalu sementara jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat cukup minggu lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja tetap kokoh.

Hal itu juga membuat imbal hasil Treasury AS meningkat karena taruhan tumbuh bahwa Fed harus menaikkan suku bunga lebih jauh untuk menjinakkan inflasi, meskipun dolar diperdagangkan dalam kisaran sempit karena pasar tetap waspada menjelang rilis daftar gaji.

Sebelumnya risalah pada Kamis melihat pasar mulai menilai peluang yang lebih besar untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Fed tahun ini, dengan harga Fed Fund berjangka menunjukkan harga pasar dalam peluang hampir 92% untuk kenaikan 25 basis poin pada akhir Juli.

Sementara itu, Bank of England akan menaikkan suku bunga menjadi 6,5% awal tahun depan, naik dari puncak yang diharapkan sebelumnya sebesar 6,25%. Imbal hasil Treasury dua tahun, yang biasanya mencerminkan ekspektasi suku bunga jangka pendek, naik mendekati 5%, setelah melonjak ke level tertinggi 16 tahun di 5,12% pada hari Kamis.

Dari sisi domestik, ekonomi global saat ini tengah mengalami masa sulit, bahkan berada pada pijakan yang berbahaya. Hal tersebut bisa terlihat dari pelambatan yang tajam dan tersinkronisasi.

Banyak pengamat yang menganggap bahwa perekonomian negara-negara di dunia 70 persen mengalami pertumbuhan yang lebih lemah tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)