Digitalisasi Destinasi Wisata Papua, Sandiaga Uno Resmikan Tourist Information Center di Bandara Jayapura

Rabu, 05 Juli 2023 - 20:41 WIB
loading...
Digitalisasi Destinasi Wisata Papua, Sandiaga Uno Resmikan Tourist Information Center di Bandara Jayapura
Menparekraf Sandiaga Uno resmikan Tourist Information Center (TIC) di Bandara Dortheys Hiyo Eluay, Jayapura. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Digitalisasi destinasi wisata Papua , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan Tourist Information Center (TIC) di Bandara Dortheys Hiyo Eluay (DJJ), Jayapura pada Rabu (5/7/2023). Peluncuran aplikasi informasi wisata tersebut secara langsung diapresiasi Sandiaga Uno.



Sebab, aplikasi tersebut memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk mendapatkan layanan informasi seputar destinasi wisata, mulai dari akomodasi hingga seluruh event yang ada di Kabupaten Jayapura, sehingga wisatawan bisa merencanakan perjalanan wisata mereka dengan baik.

Menurutnya, langkah inovatif Pemerintah Kabupaten Jayapura itu mampu mendorong kedatangan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Jayapura. Dengan begitu, peluang usaha tercipta, lapangan kerja terbuka dan roda perekonomian di Jayapura semakin cepat berputar.

"Saya ucapkan selamat kepada Pj. Bupati beserta seluruh jajaran karena ini adalah sebuah inovasi yang sangat membantu untuk mendapatkan informasi baik daya tarik wisata maupun akomodasi dan event-event," ungkap Sandiaga Uno.

Semuanya sudah dirangkum dan tinggal scan barcode, ini termasuk salah satu yang pertama di kabupaten seluruh Indonesia," kata Sandiaga.

Untuk mengakses layanan Tourist Information Center ini sangat mudah. Wisatawan cukup scan barcode kemudian langsung terhubung ke dalam website https://tourism.jayapurakab.or.id/.

Di dalam layanan ini Pemerintah Kabupaten Jayapura memiliki database yang lengkap mengenai objek wisata, termasuk deskripsi, peta, jam buka, rekomendasi, hingga pemesanan pemandu wisata. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi wisatawan yang ingin merencanakan perjalanan mereka sendiri.

"Layanan Tourist Information Center ini nantinya bukan hanya berada di lokasi kedatangan (Bandara Dortheys Hiyo Eluay), tapi juga akan disampaikan di media sosial. Karena di media sosial ini yang paling mudah kita share informasi untuk bisa menarik lebih banyak kunjungan wisatawan," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno berharap melalui layanan TIC dapat mendorong pergerakan wisatawan Nusantara yang ditargetkan 1,4 miliar di tahun 2023. Karena setiap pergerakan wisatawan Nusantara akan menghasilkan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)