Kenaikan Harga Acuan Pembelian Gula Jaga Keseimbangan Pasokan

Senin, 03 Juli 2023 - 23:21 WIB
loading...
Kenaikan Harga Acuan Pembelian Gula Jaga Keseimbangan Pasokan
Kenaikan harga gula global telah mencapai titik tertinggi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Harga Acuan Pembelian ( HAP ) gula nasional dinilai sudah sepantasnya dinaikkan. Hal itu menyusul kenaikan harga gula global yang telah mencapai titik tertingginya dalam 10 tahun terakhir.

"Dengan tingginya harga gula global saat ini, kenaikan HAP gula di level Rp12.500 per kilogram berpotensi masih belum menyesuaikan dengan kenaikan harga gula level global. Imbasnya, importir gula relatif masih akan mengalami kerugian sekitar Rp2.000 per kilogram," ujar Pengamat ekonomi LPEM FEB UI, Teuku Riefky dalam pernyataannya, Senin (3/7/2023).



Dia mengatakan kenaikan HAP gula menjadi solusi terbaik sehingga ketersediaan gula di konsumen dapat terus terpenuhi. Menurut dia enaikan HAP gula nasional sebenarnya sudah dibahas di level pemerintah.

Adapun Badan Pangan Nasional (Bapanas) juga telah mengisyaratkan kenaikan HAP gula di level produsen sebesar Rp 12.500/kg. Namun, pelaku industri memandang kenaikan dengan jumlah tersebut masih belum cukup.

Teuku Riefky menegaskan, apabila dinaikkan ke level Rp15 ribu-Rp16 ribu per kg relatif bisa mengimbangi kenaikan harga gula di level global, sehingga berpotensi menjaga keseimbangan pasokan akibat mekanisme pasar dengan adanya penyesuaian harga di pasaran.

"Kenaikan HAP gula juga harus segera dieksekusi secepatnya. Apabila masih terjadi tarik-ulur, dikhawatirkan sektor gula nasional akan semakin terjerembab. Hal ini tidak lepas dari kondisi iklim global khususnya El-nino yang diprediksi akan terus terjadi hingga awal tahun 2024," terangnya.

Kondisi El-nino ini berpotensi mengganggu panen tebu dan juga ketersediaan gula. Terlebih, stok gula industri juga semakin menipis hingga September 2023.

Lebih lanjut, kenaikan HAP gula yang tidak sesuai dengan kenaikan tingkat harga di level global berpotensi menimbulkan market distortion, misalnya dalam bentuk penurunan stok akibat sebagian gula konsumsi yang berpotensi digunakan oleh industri kecil.

"Di sisi lain, industri besar juga berpotensi untuk menahan stok yang berisiko menimbulkan kelangkaan di level konsumen seiring dengan semakin mahalnya impor," jelas Riefky.



Oleh karena itu, kenaikan HAP gula nasional menjadi potensi solusi yang harus diimplementasikan oleh pemerintah untuk menjaga ketersediaan gula di level konsumen. Pemerintah juga didorong harus belajar dari permasalahan kelangkaan minyak goreng yang pernah terjadi tahun lalu dan membuat kegaduhan di masyarakat.

"Berkaca dari pengalaman kelangkaan minyak goreng tahun lalu, diperlukan adanya usaha pemerintah untuk menjaga kecukupan stok gula domestik. Potensi kelangkaan gula di dalam negeri memiliki risiko yang relatif tinggi menimbang sudah masuknya tahun politik," kata Riefky.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)