6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki

Selasa, 04 Juli 2023 - 11:38 WIB
loading...
6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki
Pengembangan kawasan yang ramah bagi pejalan kaki sudah menjadi kebutuhan bagi Kota Metropolitan seperti Jakarta. Foto: Dok Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - Pengembangan kawasan yang ramah bagi pejalan kaki sudah menjadi kebutuhan bagi Kota Metropolitan seperti Jakarta. Oleh karena itu, Jakarta sejak beberapa tahun terakhir terus melakukan pembenahan fasilitas bagi pejalan kaki.

Terdapat beberapa alasan kenapa orang perlu berjalan kaki. Selain dari sisi kesehatan, berjalan kaki di Kota Jakarta juga sebagai salah satu upaya untuk menghindari kemacetan.



Diketahui bahwa Jakarta, terutama di pusat kota, masih dihadapkan dengan persoalan kemacetan. Untuk itu, berjalan kaki merupakan salah satu pilihan jika hanya bepergian dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Pejalan kaki merupakan istilah bagi orang yang berjalan di lintasan tertentu, seperti di pinggir jalan atau trotoar (jalur pedestrian). Di Jakarta, hingga tahun 2022 jalur pedestrian telah terbangun seluas 1.258.594 meter persegi, lengkap dengan fasilitas pendukung.



Penataan trotoar kini telah dinikmati di berbagai kawasan Jakarta, dan masih akan terus diperluas hingga tahun 2026 dengan target mencapai 1.808.594 meter persegi. Saat ini terdapat beberapa jalur pedestrian yang nyaman untuk dilalui. Berikut enam lokasi jalur pedestrian yang perlu dicoba:

1. Trotoar Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin dan Terowongan Kendal

6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki


Bagi masyarakat Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan kawasan Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat. Kini trotoar sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin telah bertransformasi lebih ramah kepada pejalan kaki di kedua sisi jalan.

Bahkan keramahan trotoar Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin dipadukan sajian musik, taman, dan pusat-pusat kuliner untuk senjenak melepas lelah dan penat.

Selain kedua sisi jalan, terdapat juga tempat pejalan kaki yang artistik, yakni Terowongan Jalan Kendal. Berlokasi persis di samping Stasiun Sudirman, Terowongan Jalan Kendal juga menjadi salah satu jalur pejalan kaki yang nyaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)