10 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Cari Kerja di Era Digital dan Pilihan Kampusnya

Senin, 03 Juli 2023 - 09:40 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Cari Kerja di Era Digital dan Pilihan Kampusnya
10 jurusan kuliah yang mudah cari kerja di era digital berikut pilihan kampusnya. Foto/istockphoto.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang dibutuhkan di era digital bisa jadi pilihan untuk lanjut kuliah. Tidak hanya dari jurusan Teknik melainkan jurusan lain juga banyak dibutuhkan perusahaan.

Di era Revolusi Industri 4.0 dan menuju era Society 5.0, banyak perusahaan membutuhkan tenaga terampil dari lulusan jurusan kuliah yang memiliki kemampuan untuk mengimbangi pesatnya laju teknologi.

Berikut ini ada 10 jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan era digital dan memiliki peluang karier luas di masa depan, dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

1. Teknik Informatika


Jurusan kuliah Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan di era digital. Jurusan ini memberi mahasiswa kesempatan untuk memahami dunia IT, yang berhubungan dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi komputer jaringan.

Berbagai jenis pekerjaan membutuhkan lulusan dari teknik informatika, seperti programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, software engineer, database engineer, IT executive, network administrator, network support engineer, dan lainnya.

Dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), beberapa kampus dengan jurusan Teknik Informatika S1 yang berakreditasi Unggul ada di UIN Jakarta, Unpad, Universitas Mercu Buana, Universitas Brawijaya, Unhas, dan lainnya.

2. Cyber Security


Jika kalian masih bingung, apakah pekerjaan yang bisa di-apply oleh lulusan jurusan cyber Security, jawabannya adalah Computer Forensics Analyst dan Big Data Architect.

Mahasiswa jurusan ini akan mendapatkan ilmu tentang proteksi keamanan digital.
Seorang cyber security dituntut untuk dapat melindungi data-data penting milik perusahaan dalam bentuk digital.

Mengapa jurusan ini menjadi sangat populer dan sangat dicari? Sederhana saja, di ekosistem digital hari ini, data pun tidak luput dari tindakan kriminal. Untuk melindunginya, lulusan ini adalah jawabannya.

Beberapa kampus yang sudah membuka jurusan ini ada di ITB, BINUS University, Politeknik Siber dan Sandi Negara, Universitas Surabaya, dan Politeknik Negeri Batam.

Baca juga: 7 Jurusan Teknik Berpeluang Kerja Menjanjikan, Nomor 5 Alumninya Langka dan Gajinya Besar

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)


DKV merupakan salah satu jurusan kuliah potensial yang populer. Program studi ini merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, SketchUp, InDesign, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)