Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Senin, 03 Juli 2023 - 09:45 WIB
loading...
Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof
Perbedaan antara sunroof, moonroof, serta panoramic roof menarik untuk diketahui. Foto: dok Wuling
A A A
JAKARTA - Perbedaan sunroof , moonroof, serta panoramic roof penting untuk dipahami. Ini karena ketiga fitur tersebut acap dihadirkan pabrikan mobil untuk menarik hati konsumen. Namun, tentu saja konsumen harus tahu apa sih perbedaan ketiganya.

Yang jelas, sunroof, moonroof, serta panoramic roof adalah komponen berupa kaca atau jendela pada atap mobil. Tentu, tidak hanya membuat mobil tampak menarik, tapi juga memiliki fungsi yang cukup penting.

Nah, berikut perbedaan ketiga jenis atap mobil tersebut beserta fungsinya seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Sunroof
Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Atap jenis sunroof, dapat dibuka dan ditutup dengan menggunakan sistem elektrik. Mobil beratap sunroof memungkinkan cahaya, udara segar, atau keduanya masuk ke dalam kabin mobil. Ini seperti jendela, hanya saja berada di atap mobil.

Biasanya sunroof mengusung dua jenis panel, yakni terbuat dari logam padat yang sama dengan eksterior langit-langit mobil. Di atasnya terdapat kaca berwarna yang dapat dimiringkan ke belakang sehingga memungkinkan udara dari luar masuk ke dalam kabin.

2. Moonroof
Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Moonroof sebenarnya termasuk bagian dari salah satu jenis sunroof, hanya saja material dan kegunaannya berbeda. Moonroof dibuat agar pemilik mobil dapat menikmati pemandangan di malam hari tanpa harus keluar dari mobil atau membuka atap mobil.

Secara dimensi, ukuran jendela kaca atap mobil ini serupa dengan sunroof, cenderung hanya bisa mengakomodasi penumpang baris paling depan atau pada area pengemudi.

Kendati begitu, sunroof maupun moonroof sama-sama bisa jenis kaca atap mobil yang bisa dibuka lebar. Ini memungkinkan penumpang melihat pemandangan secara lebih leluasa, bahkan dapat mengeluarkan tubuh dari bukaan di atas atap mobil.


3. Panoramic Roof
Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Ini merupakan fitur terbaru dalam industri otomotif, yang biasanya terdapat pada mobil-mobil mewah. Tapi, saat ini mobil-mobil kelas menengah juga memiliki fitur ini pada tipe tertingginya.

Panoramic roof merupakan jenis kaca atap mobil yang memiliki ukuran paling lebar dari jenis lainnya. Jika dibandingkan dengan sunroof dan moonroof, lebarnya bisa mencapai ukuran atap mobil itu sendiri.

Keberadaannya dalam mobil tentu membuat penumpang dapat melihat indahnya langit ketika berada dalam perjalanan. Panoramic roof menawarkan tampilan berbeda pada interior mobil sehingga menjadi lebih mewah.

Perawatan pada sunroof dan moonroof hampir sama, hal yang perlu diperhatikan adalah sliding rail agar atap kaca bisa menutup dan terbuka dengan lancar. Sedangkan untuk panoramic roof, atap kaca perlu dibersihkan dengan cairan dan lap khusus agar tidak baretsertakusam.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5323 seconds (0.1#10.140)