Pendaftaran Ditutup, KPU Pastikan Pilgub DKI Diikuti Tiga Paslon

Pendaftaran Ditutup, KPU Pastikan Pilgub DKI Diikuti Tiga Paslon
Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno. (Dok. Okezone)
A+ A-
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menutup pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan mengikuti Pilgub DKI Jakarta 2017. KPU DKI yakin tidak akan ada lagi pasangan calon (paslon) yang akan mendaftar untuk mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Saya pastikan setelah Pak Anies dan Pak Sandiga, tidak ada lagi pasangan yang akan mendaftar," kata Ketua KPU DKI, Sumarno di kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016 malam.

Ketiga calon yang sudah mendaftarkan diri sebagai gubernur dan wakil gubernur, kata dia, harus mengikuti sejumlah prosedur. Salah satunya cek kesehatan.

"Setelah mendaftar kami ingatkan kepada partai pengusung tidak bisa menarik dukungannya. Setelah mendaftar akan dilakukan tes kesehatan di RS AL Mintoharjo dari 24-25 September 2016," katanya.

Sumarno mengatakan, KPU DKI sudah menerima persyaratan dari tiga pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub DKI Jakarta 2017. Dia menambahkan, pasangan yang lolos verifikasi akan diumumkan pada bulan Oktober 2016.

"Semua berkas sudah kami terima dan bagi yang kurang, akan kami tunggu sampai 4 Oktober nanti. Keputusan pasangan calon yang lolos verifikasi akan diumumkan pada 24 Oktober," kata Sumarno.

Sekadar diketahui, KPU membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Rabu 21 September 2016. Pada hari pembukaan pertama, calon incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat sebagai pendaftar pertama yang didukung empat partai politik, yakni PDIP, Golkar, Hanura dan Nasdem.

Sedangkan pada hari kedua pendaftaran nihil. Kemudian di hari ketiga, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendaftar diri mereka sebagai pasangan cagub dan cawagub.

Putra pertama mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu didukung Koalisi Cikes yang terdiri dari Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN. Tak lama pasangan ini selesai, 30 kemudian pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uni mendaftarkan diri sebagai calon ketiga yang akan mengikuti pesta demokrasi itu.

Pasangan Anies-Sandiaga Uno ini diusung oleh dua partai politik, yakni Gerindar dan PKS. (Baca: Koalisi Gerindra-PKS Usung Anies Baswedan-Sandiaga Uno)


(mhd)
dibaca 509x
Top